Makanan Penyebab Bau Badan, yang Jarang Diketahui

Makanan Ini Dapat Menyebabkan Bau Badan

8

Bau badan sangatlah mengganggu dan membuat kita tidak percaya diri, apalagi jika kita bekerja bersama orang. Banyak produk di pasaran yang mengklaim ampuh menghilangkan bau badan, seperti deodorant hingga serum ketiak. 

Namun tahukah Scarflover, bahwa apa yang Anda konsumsi ke dalam tubuh juga bisa menjadi faktor bau badan apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan?

Scarflover yang tidak badannya bau, sebaiknya hindari beberapa makanan ini, ya.

 

  • Bawang-bawangan
Image : unsplash

Baik bawang putih, bawang merah bahkan bawang bombay bila dikonsumsi berlebihan dapat menimbulkan bau tidak sedap dari badan Anda. Dikarenakan bawang-bawangan akan menghasilkan senyawa bernama sulfur ketika di proses di tubuh. Senyawa sulfur ini dapat memicu bau yang tidak sedap, Scarflover.

 

  • Daging merah
Image : unsplash

Kabar buruk bagi Anda penyuka hidangan steak, karena golongan daging merah yang satu ini ternyata dapat menimbulkan aroma yang tidak sedap dari tubuh Anda apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, terutama daging kambing.

 

  • Ikan
Image : Freepik

Jika Anda pernah mencium bau amis dari tubuh seseorang, bisa jadi orang tersebut mengidap sindrom bau ikan atau trimethylaminuria. Sindrom ini adalah penyakit yang tidak berbahaya bagi kesehatan, namun pengidap trimethylaminuria tidak disarankan mengkonsumsi ikan laut sama sekali, Scarflover.

 

  • Sayuran Brassica Family
Image: verywellfit

Tidak hanya daging-dagingan, ternyata beberapa sayur juga dapat menyebabkan bau badan apabila dikonsumsi berlebihan, Scarflover. Yaitu sayuran golongan brassica family, seperti brokoli, kol dan juga kubis. Bukan berarti tidak dikonsumsi sama sekali Scarflover, namun jangan terlalu berlebihan karena sayuran golongan ini memiliki kandungan sulfur yang tinggi.

 

  • Curry

Beberapa negara yang sering mengkonsumsi curry, punya bau badan yang khas. Itu karena rempah-rempah yang satu ini dapat memicu bau yang menyengat.

 

  • Kopi
sumber : metrobali.com

Tidak disangka-sangka, namun ternyata selain dapat memicu bau yang tidak sedap dari mulut, kopi ternyata dapat merangsang kelenjar keringat menjadi semakin banyak. Nah, bila kita keringatan bau badan cenderung menjadi tidak sedap.

 

Itu dia beberapa makanan yang dapat memicu bau badan tidak sedap. Beberapa makanan di atas bukan tidak boleh di konsumsi, tetapi disarankan untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak atau secara berlebihan.

 

(NAR)