Kesalahan Asuh Pada Anak Yang Bisa Berpengaruh Pada Kesehatan Mental Anak Yang Buruk

Dalam hal mengasuh anak, ada banyak hal yang dapat dilakukan dengan benar dan beberapa diantaranya mungkin lebih merusak mental daripada kebaikan. Dalam banyak kasus, ketika orang tua melakukan hal yang hanya mereka inginkan dapat mempengaruhi kesehatan mental anak-anak mereka. Seringkali, orang tua tidak menyadari kerusakan yang mereka sebabkan pada mental anak mereka.

image: careleader.org

Dilansir dari India Times, hal ini yang dapat  berkontribusi pada kesehatan mental anak Anda yang buruk dan bagaimana Anda mencegahnya.

 

Mengabaikan emosi mereka

Anak-anak memiliki niat murni. Jadi apapun yang mereka rasakan memiliki esensi sejatinya sendiri. Mengabaikan perasaan dan ekspresi mereka hanya akan menghancurkan rasa individualitas mereka. Hal ini akan membuat mereka lebih ragu-ragu yang dapat mengakibatkan kesehatan mental yang buruk. Karena itu, jangan pernah menganggap remeh emosi anak Anda. Sebagai orang tua, Anda harus dapat membaca apa yang mereka rasakan. Anda juga harus lebih mendukung dan mampu mengarahkan mereka ke arah yang benar.

Baca juga  6 Cara untuk Memudahkan Masak bersama Anak Anda

 

Meremehkan keputusan dan pilihan mereka dalam hidup

Sebagai orang tua, Anda memiliki semua hak untuk turun tangan ketika anak Anda tidak dapat membuat keputusan. Namun, daripada meremehkan apa yang ada dalam pikiran mereka, pikirkan cara untuk mengarahkan mereka ke pilihan hidup yang bisa membuat mereka bahagia. 

 

Menuntut kesempurnaan

Anak-anak harus diajari untuk bercita-cita tinggi, tetapi meraih bintang harus menjadi pilihan dan bukan paksaan. Banyak orang tua, menginginkan yang terbaik untuk anak-anak mereka, menuntut dan mengharapkan kesempurnaan dari anak-anak yang hampir tidak siap untuk menghadapi dunia. Bayangkan besarnya tekanan mental dan kecemasan yang harus mereka lalui untuk memenuhi keinginan orang tua mereka.

Baca juga  Pentingnya Tidur Sehat pada Bayi bagi Perkembangan Otak

 

Memaksa mereka untuk mematuhi aturan dan norma yang dibangun secara sosial

Sering kali anak-anak memiliki cara mereka sendiri untuk berekspresi dengan berbeda dan ada beberapa yang menurut masyarakat ‘berbeda’. Jadi sebagai orang tua, Anda tidak boleh memaksa anak Anda untuk membatasi kepribadian mereka, melainkan membantu mereka untuk meningkatkannya.

(NRN)

Translate »