Informasi Terkini Seputar Covid-19 Menurut Dokter: Mitos vs Fakta

Penanganan Mengenai Covid-19

16

Informasi seputar Covid-19 marak dibicarakan dimana-mana semenjak kasus pertama tercatat. Scarflover perlu berhati-hati, ternyata tidak semua yang beredar di media adalah berita fakta. Berita hoax pun sering kali kita konsumsi di tengah kepanikan pandemi Covid-19.

image: pixabay

Untuk mengetahui yang mana berita hoax dan yang mana fakta, Scarflover perlu mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya seperti Dokter. Berikut ini, rangkuman dari informasi Covid-19 menurut para Ahli.

 

  • Obat Cacing bisa menyembuhkan Covid-19

Banyak beredar di media bahwa obat cacing ivermectin dapat menyembuhkan Covid-19. Namun, menurut dr. Findrilia Sanvira obat cacing memang dapat menangani beberapa infeksi dan anti virus, namun untuk penelitian mengenai virus Covid-19 hanya sebatas clinical trial. Menurut jurnal yang dipublikasikan di laman resmi Universitas Gadjah Mada (UGM), penggunaan obat cacing untuk Covid-19 masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

 

  • Vaksin tidak akan membuat hasil SWAB antigen atau PCR menjadi Positif

Melansir dari Tiktok dr. Tirta, wirus yang terkandung di dalam vaksin adalah virus tidak aktif atau komponen kecil dari virus. Oleh karena itu, virus ini tidak bisa bereplikasi secara aktif. Sehingga, tidak ada penyebab vaksin dapat membuat hasil SWAB antigen atau PCR menjadi positif.

 

  • Hilangnya Indra Penciuman adalah hal baik

Melansir dari Tiktok dr. Frindrilia Sanvira, mengungkapkan bahwa jika Anda terpapar covid-19 dengan gejala hilang indra penciuman, itu adalah kabar baik. Dikarenakan anosmia atau hilangnya indra penciuman adalah mekanisme pertahan tubuh untuk melindungi diri dari virus covid-19. Hampir 90% dari pasien dengan gejala anosmia tidak pernah berakhir di ICU karena gejala ringan.

 

  • Mitos atau Fakta Air kelapa dapat menetralkan Vaksin

Menurut dr. Tirta, statement yang banyak beredar di media mengenai air kelapa yang dikatakan dapat melemahkan vaksin adalah mitos semata. Fungsi dari air kelapa adalah menggantikan cairan tubuh yang hilang atau menghidrasi tubuh ketika kekurangan cairan. Namun perlu diperhatikan, untuk penderita gagal ginjal harus berhati-hati dalam mengkonsumsi air kelapa.

 

  • Efektivitas Vaksin

Menurut data statistika, 94% pasien covid-19 di Indonesia yang meninggal sama sekali belum mendapatkan dosis vaksin. Yang artinya, vaksin sangat membantu dan efektif untuk menangkal gejala berat yang disebabkan oleh virus corona.

 

 

(NAR)