Indikasi Sakit Payudara Saat Hamil

Payudara yang sakit bisa menjadi sangat menyakitkan. Tetapi jika Anda sedang mencoba untuk hamil, Anda mungkin berpikir bahwa rasa sakit di bra Anda adalah tanda yang Anda tunggu-tunggu. Mungkinkah ini? Apa Anda hamil?!

image: unsplash

 

Apakah nyeri payudara merupakan tanda awal kehamilan?

Melansir dari healthline.com nyeri payudara memang merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Ini dapat muncul hanya dalam satu hingga dua minggu setelah pembuahan.

Karena mungkin muncul sebelum Anda menyadari terlambatnya menstruasi, nyeri payudara terkadang bisa menjadi indikator kehamilan yang berguna tetapi itu tidak berarti pasti.

Baca juga  Olahraga Yang Baik Dilakukan Saat Menstruasi

 

Bagaimana rasanya saat hamil

Nyeri payudara datang dalam berbagai jenis. Ini bisa terjadi pada satu atau kedua payudara. Anda mungkin merasakannya di seluruh, di tempat tertentu, atau bergerak ke luar ke ketiak Anda. Rasa sakitnya bisa konstan, atau bisa datang dan pergi.

Selama minggu-minggu awal kehamilan, nyeri payudara cenderung tumpul dan pegal. Payudara Anda mungkin terasa berat dan bengkak. Payudara yang sakit bisa sangat sensitif terhadap sentuhan.

Baca juga  Nutrimenu Royco Bantu Ibu Indonesia Siapkan Asupan Gizi Seimbang Anak

 

Mengapa nyeri payudara terjadi pada awal kehamilan?

Nyeri payudara seringkali merupakan gejala pertama kehamilan, terjadi sedini satu hingga dua minggu setelah pembuahan secara teknis, minggu ketiga dan keempat kehamilan. Sensasi nyeri payudara itu memuncak pada trimester pertama karena tubuh Anda dibanjiri hormon.

 

 

(DT)

Translate »