Hal Ini Yang Menunjukkan Bahwa Anda Benar-Benar Tidak Bugar

Tanda Tubuh Kurang Fit

38

Pandemi ini tentu saja berdampak pada kesehatan fisik dan mental kita. Selama pandemi yang menyita banyak waktu dirumah ini, sebagian orang memilih untuk melakukan hal yang positif seperti berolahraga dan memakan makanan sehat, namun di sisi lain, sebagian orang juga menjadi lebih malas dan tidak peduli terhadap tubuh mereka.

image: unsplash

Tidak memperdulikan tubuh Anda adalah hal egois yang Anda lakukan terhadap tubuh. Bermalas-malasan juga menyebabkan tubuh menjadi tidak bugar dan lebih rentan terkena penyakit.  Dilansir dari India Times, ini adalah tanda-tanda tubuh Anda tidak bugar:

 

Terengah-engah pada gerakan kecil 

Orang yang sehat sering kali lebih suka naik tangga daripada lift. Sebaliknya, apabila tidak bugar, mereka cenderung terengah-engah pada gerakan-gerakan kecil, membuat mereka lebih rentan untuk naik lift. Mengingat pernapasan Anda menjadi berat hanya setelah beberapa kali berjalan dan menaiki tangga. Sudah saatnya Anda harus lebih aktif, lebih tertarik berolahraga dan makan makanan sehat serta rendah kalori.

 

Detak jantung istirahatmu tinggi

Dengan bantuan fitness watches, Anda dapat melacak kemajuan atau detak jantung Anda pada waktu tertentu. Jika Anda menemukan bahwa detak jantung Anda tinggi bahkan ketika Anda tidak bergerak dan tubuh Anda beristirahat, itu menunjukkan bahwa Anda tidak bugar.

 

Lebih rentan terhadap cedera

Ketika tubuh Anda lemah dan Anda benar-benar tidak bugar, Anda menjadi lebih rentan terhadap cedera. Anda akan sering mengalami sakit dan nyeri di punggung, bahu leher dan setiap bagian tubuh lainnya. 

 

Sulit tidur

Meskipun dampaknya mungkin lambat, tubuh Anda dapat mengalami risiko kesehatan kronis jika terus berlanjut. Ini juga dapat menyebabkan penambahan berat badan, karena tidur dan stres saling berhubungan, yang terakhir menyebabkan penambahan berat badan.

 

Didiagnosis sebagai obesitas

 Jika dokter Anda mengatakan bahwa Anda kelebihan berat badan, kemungkinan besar Anda tidak sehat dan tidak bugar. Menjadi gemuk menempatkan Anda pada risiko berbagai penyakit dan juga menghambat fungsi sehari-hari.

(NRN)