Dibandrol Harga Tinggi, Inilah Manfaat Safron Bagi Kesehatan

Safron Bagi Kesehatan

166

Bunga saffron menjadi salah satu rempah termahal di dunia. Harganya yang fantastis ini disebabkan karena proses produksinya yang cukup rumit. Untuk memanem saffron biaya yang dibutuhkan sangat tinggi, apalagi tumbuhan ini hanya bisa dipanen menggunakan tangan. 

Bunga saffron ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Penasaran dengan manfaatnya, coba cek dibawah ini!

 

  • Mengurangi resiko kanker

Tanaman saffron memiliki senyawa yang mempunyai molekul untuk melindungi sel dari radikal bebas. Kaempferol di dalamnya memiliki kandungan anti kanker yang dapat memperlambat merambatnya kanker dan membuatnya sensitif terhadap kemoterapi.

 

  • Mengatasi masalah kulit
image: freepik

Rempah yang dikenal dengan sebuta bunga pacar ini dapat mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Untuk kulit kering, Safron dapat melembabkan serta meratakan tekstur kulit. Selain itu, bisa juga untuk mengurangi garis-garis halus pada wajah.

Vitamin E didalamnya dapat membantu mengurangi noda hitam, jerawat dan juga meregenerasi kulit. Safron terkenal sebagai skincare yang sangat ampun. Biasanya saffron digunakan sebagai salah satu ingredients pada toner ataupun facemist.

 

  • Mencegah gangguan saraf
Image : pexels

Kandungan antioksidannya baik untuk mengurangi peradangan dan kerusakan pada otak. Ada penelitian yang mengatakan bahwa saffron juga dapat meringankan gejala Alzheimer, namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

 

  • Meningkatkan Mood
image: pexels

Safranal yang ada di dalamnya mampu meningkatkan mood seseorang. Dipercaya juga untuk menghilangkan gejala ringan pada depresi.

 

  • Pembantu Diet
sumber: health.harvard.edu

Untuk Anda yang sedang proses menurunkan berat badan, saffron dapat menjadi sarana pembantu. Rempah yang dijuluki sunshine spice ini dapat mengurangi nafsu makan, membuat cepat kenyang sehingga dapat menurunkan berat badan. Saffron bisa ditambahkan ke makanan yang sedang dikonsumsi, di seduh dengan air hangat, atau juga dijadikan sebagai suplemen.

 

Itu dia beberapa manfaatnya Scarflover! Makin tertarik ya untuk mencoba mengonsumsi saffron secara rutin sehingga mendapatkan berbagai manfaat sekaligus.

 

 

(MH)