Cara Memeriksa Payudara Anda Untuk Melihat Tanda-Tanda Awal Kanker

Periksa Payudara Sendiri!

15

Untuk skrining payudara biasanya tidak terdeteksi dari dini, orang-orang mulai memeriksanya sekitaran umur 30-50 tahun. Tetapi seperti yang kita semua tahu, kanker payudara dapat terjadi jauh sebelum itu, Scarflover. Inilah yang telah memberi orang dorongan yang mereka butuhkan untuk mulai memeriksa payudara mereka sendiri apabila ada kejanggalan atau kelainan. Tapi kadang Anda bingung memulai, dan apa cara terbaik untuk melakukannya, bukan?

Kadang-kadang menjadi menakutkan bagi orang-orang yang takut jika mereka memeriksa payudara mereka sendiri, mereka akan menemukan sesuatu, tetapi jika ditemukan lebih awal, kanker payudara dapat diobati. Sangat penting untuk mencatat perubahan apapun dengan payudara Anda, oleh karena itu mereka perlu diperiksa secara teratur sehingga Anda tahu apa yang ‘normal’ ‘, dan jika Anda menemukan benjolan-benjolan lain, Anda harus ke dokter segera ya. Diingat bahwa kanker payudara jika sebelumnya ditemukan lebih awal, jadi semakin baik hasilnya untuk kedepannya.

 

Tips untuk memeriksa payudara Anda

Periksa payudara Anda setidaknya sebulan sekali. Waktu terbaik untuk memeriksa payudara Anda adalah minggu setelah Anda selesai menstruasi. Jika Anda menopause, periksa payudara Anda sekitar waktu yang sama setiap bulan.

Saat memeriksa payudara Anda, perhatikan perubahan ini:

  • Jika salah satu payudara Anda menjadi lebih besar atau lebih rendah. Ingatlah bahwa itu normal bagi payudara Anda berukuran berbeda. Anda mencari perubahan ukuran salah satu payudara Anda.
  • Jika ada pembuluh darah menonjol lebih dari biasanya untuk Anda.
  • Mengerut, lesung pipit atau kemerahan kulit.
  • Periksa puting untuk setiap perubahan seperti kemerahan, krus, atau perubahan bentuk atau arah. Lebih nyaman untuk memeriksa perubahan fisik di kamar mandi, ketika melakukan ini mencari benjolan, seperti daerah bergelombang yang tampak berbeda dari jaringan payudara lainnya.
  • Pijat payudara Anda sambil berbaring, menggunakan tangan kanan Anda untuk merasakan payudara kiri Anda dan sebaliknya. Gunakan sentuhan yang kuat dan halus dengan jari tangan Anda, menjaga jari tetap rata. Gunakan gerakan memutar, seukuran seperempat.

(NRN)