Bersihkan Kerak Membandel Pada Wajan Dengan Cara Ini

Cara Bersihkan Kerak Pada Wajan

12

Untuk orang yang suka memasak, wajan menjadi teman setia dalam menghasilkan berbagai sajian makanan. Mulai dari telur, nasi goreng, tumis sayur semua dimasak dengan mengunakan wajan. Penggunaan alat dapur yang terlalu sering ternyata dapat menyebabkan kerak yang membandel.

image: unsplash

Kerak berwarna hitam ini muncul karena suhu yang tidak sesuai, biasanya karena panas api yang terlalu besar. Kualitas wajan yang berkerak ini sangat buruk karena bisa menyebabkan kontaminasi pada makanan. Tapi, jangan dulu membuang wajan yang sudah berkerak. Simak cara membersihkan kerak pada wajan di bawah ini.

 

Menggunakan air panas dan sabun

Rendam wajan di air yang panas dan sikat kerak dengan sabun. Cara ini cocok untuk wajan yang memiliki kerak yang belum terlalu lama menempel.

 

Jeruk nipis

Jeruk nipis dikenal ampuh dalam menghilangkan bekas kotoran pada peralatan masak. Karena asamnya yang tinggi, jeruk nipis dapat menghilangkan kerak membandal. Taruh wajan di dalam baskom yang berisi air, sabun dan jeruk nipis. Diamkan semalam lalu sikat dan bilas bersih.

 

Cuka

Semprotkan cuke ke wajan yang gosong, diamkan sebentar lalu gosok perlahan. Asam asetatnya yang tingi dapat membantu menghilakan kerak. Jangan campurkan cuka dengan air agar hasil lebih maksimal.

 

Air soda

Jika Anda mempunyai sisa soda di kulkas, gunakanlah untuk membersihkan wajan berkerak dirumah, Tuangkan air soda dan tunggu beberapa jam lalu gosok dan bilas bersih.

 

Menggunakan baking soda dan air

Sama seperti cara membersihkan dengan menggunakan cuka. Bedanya, baking soda harus dicampur dengan meggunakan air. Campurkan air dengan baking soda dengan rasio 1:2. Jangankan biarkan terlalu encer supaya baking soda dapat bekerja dengan baik.

 

Minyak sayur

Panaskan minyak sayur, lalu oleskan pada kerak. Diamkan 5 sampai 15 menit, sikat besih dan cuci dengan sabun. Dijamin kerak dapat hilang dengan mudah.

(MH)