Benarkah Mengkonsumsi Brokoli Setiap Hari Dapat Mengurangi Risiko Kanker Hingga Diabetes?

Scarflover yang sedang diet atau vegetarian, tentu tidak asing dengan sayur-sayuran satu ini. Selain memiliki rasa yang lezat, Anda dapat mengkreasikan sayuran yang satu ini menjadi makanan apapun. 

Melansir dari goodhousekeeping.com, ternyata selain baik untuk diet Anda, mengkonsumsi brokoli setiap hari punya manfaat yang cukup dahsyat bagi tubuh Anda, Scarflover. .

Apa sajakah manfaat mengkonsumsi brokoli setiap hari? Yuk, disimak!.

Image : unsplash

 

  • Mengurangi peradangan

Brokoli mengandung glucoraphanin, yang merupakan senyawa yang diubah menjadi sulforaphane selama pencernaan. Sulforaphane menginduksi aktivitas antioksidan. Fitokimia seperti sulforaphane sangat baik untuk melawan radikal bebas serta peradangan dalam tubuh.

 

  • Menaikkan imun tubuh

Tahukah Scarflover bahwa brokoli mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk? Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan berperan utama dalam fungsi kekebalan tubuh. Ditambah lagi brokoli mengandung banyak vitamin dan mineral lain yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Baca juga  Catat! Ini Bahayanya Jika Anda Terlalu Lama di Depan Layar Laptop!

 

  • Mengurangi risiko kanker tertentu

Secara umum, orang yang makan lebih banyak sayuran dan buah-buahan memiliki risiko lebih rendah terkena berbagai jenis kanker. Diet kaya asupan sayuran khususnya, termasuk brokoli, dapat mengurangi risiko kanker di banyak jaringan termasuk paru-paru, kandung kemih, dan prostat.

 

  • Meningkatkan kesehatan mata

Brokoli mengandung lutein dan zeaxanthin, yang keduanya merupakan antioksidan yang dapat mencegah stres oksidatif dan berperan dalam kesehatan mata, Scarlover. Terlebih jika Anda memiliki pekerjaan yang menghabiskan banyak waktu di depan layar, mengkonsumsi brokoli sangat baik bagi Anda.

 

  • Meningkatkan gula darah

Brokoli mengandung senyawa tumbuhan alami yang dikenal sebagai sulforaphane yang dapat meningkatkan glukosa pada pasien dengan diabetes tipe 2. Brokoli juga secara alami rendah karbohidrat dan mengandung serat, menjadikannya sebagai tambahan glikemik rendah untuk makanan apa pun.

Baca juga  Efek Blue Light Bagi Kesehatan Mata

 

  • Mendukung kesehatan jantung

Brokoli adalah sumber beberapa nutrisi seperti folat, kalium dan zat besi, yang penting dalam mendukung kesehatan jantung. Mengonsumsi lebih banyak sayuran seperti brokoli akan mengurangi penumpukan kalsium di aorta.

 

  • Mempersehat kulit

Selain menjadi sumber vitamin C yang sangat baik untuk mendukung sintesis kolagen dan kesehatan kulit, kandungan sulforaphane pada brokoli dapat mengurangi kemerahan dan peradangan kulit yang disebabkan oleh paparan radiasi ultraviolet, Scarlover.

 

Yuk, mulai konsumsi brokoli setiap hari, Scarflover!

 

(NAR)

Translate »