Apakah Garam Himalaya Lebih Sehat Dibandingkan Garam Biasa?

Fakta Garam Himalaya

11

Hampir di semua hidangan, garam menjadi bumbu yang penting untuk menambah cita rasa makanan. Selain memberikan rasa, garam juga memberikan sumbangsih sodium yang penting untuk tubuh. Tetapi, beberapa tahun kebelakang, ada salah satu jenis garam yang dipercaya lebih sehat dibandingkan garam biasanya.

image: pexels

Garam himalaya menjadi garam yang sedang digemari oleh masyarakat yang sedang mencoba memperbaiki bahan makanan yang dikonsumsi. Himalaya sendiri adalah nama pegunungan di daerah Pakistan tempat garam ini diekstraksi. Karena berasal dari tambang di pegunungan, untuk mendapatkannya pun memerlukan usaha yang tak mudah sehingga garam ini dihargai cukup mahal dibandingkan dengan garam biasanya,

Proses untuk menghasilkan garam ini terbilang sangat minimal sehingga dijuluki sebagai garam yang paling murni. Produk yang tidak dimurnikan ini menjadi bebas aditif sehingga lebih banyak mineral dan elemen lainnya seperti kalsium, kalium, magnesium dan zat besi di dalamnya.

Dengan berbagai kandungannya, garam ini dipercaya dapat mengatasi penyakit pernafasan, menyeimbangkan PH tubuh, mengurangi tanda penuaan, meningkatkan kualitas tidur, dan lain sebagainya. Faktanya, belum ada penelitian lebih lanjut mengenai seberapa pengaruhnya garam ini terhadap kesehatan tubuh. Ada beberapa faktor pendukung lain yang membantu mempengaruhi kondisi seseorang tersebut menjadi lebih baik.

Garam berwarna pink ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan garam dapur biasanya. Memang kandungan mineral di dalamnya lebih besar. Tapi jangan salah kaprah, 98% bagian garam ini merupakan sodium klorida dan 2%nya berisi mineral lainnya. Maka tak heran jika banyak orang mengira bahwa garam ini lebih sehat karena kandungan 2% mineralnya yang tak didapatkan pada garam dapur biasa.

Dengan klaim dari Himalayan salt yang belum teruji dan kandungannya yang kurang lebih sama dengan garam biasa bisa dikatakan posisi keduanya sejajar. Tidak ada yang lebih sehat ataupun yang lebih buruk. Kalau Scarflover ingin garam yang lebih cantik, garam Himalaya bisa jadi opsi pilihan.

(MH)