Apa itu Makan Intuitif? Inilah Cara Makan Lebih Baik Tanpa Diet, Menurut Ahli Gizi

Diet Sehat

37

Mengikuti isyarat rasa lapar tubuh Anda sebagai cara untuk memutuskan kapan harus makan dan kapan harus berhenti mungkin tidak tampak revolusioner bagi sebagian orang, tetapi bagi orang lain itu adalah konsep yang sama sekali baru. Inilah makan intuitif, gagasan meninggalkan budaya diet ketat terhadap tubuh Anda dan terutama membuat keputusan tentang makanan

Dilansir dari goodhousekeeping, Intuitive Eating adalah metode non-diet yang bermanfaat untuk kesehatan dengan cara memberi sinyal bagi tubuh. Pola makan intuitif dinilai mampu memutuskan siklus diet ketat dan memulihkan hubungan antara Anda dengan makanan.

image: pixabay

Jika Anda pernah merasa struggle dan kebingungan tentang kebiasaan makan pribadi Anda sendiri, berikut adalah cara untuk menerapkan filosofi makan intuitif:

 

  • Berhentilah menilai makanan itu sebagai “baik” atau “buruk”. 

Menghubungkan nilai pada makanan yang akan Anda makan dan pada akhirnya, cara Anda terhadap makanan itu menjadi berlebihan. Sudah waktunya untuk melupakan makanan yang “baik” atau “buruk”. Anda makan makanan yang mengisi hari-hari Anda, tidak ada makanan yang dilarang yang dapat membuat atau merusak kesehatan Anda selama tidak mengonsumsi secara berlebihan ya, ScarfLover.

 

  • Makan secara konsisten. 

Makan setiap 3-4 jam yang mengandung protein, serat, dan lemak. Sebagian besar dari kita tidak cukup makan di pagi hari, jadi pertimbangkan untuk menambahkan telur ekstra atau sepotong keju ke sarapan Anda untuk tetap berenergi.

 

  • Tetap terhidrasi. 

Kebutuhan Anda mungkin berbeda, tetapi wanita umumnya harus minum sekitar sembilan gelas air sehari, menurut Mayo Clinic. Pilih H2O biasa, air soda, atau minuman tanpa pemanis apa pun.

 

  • Tidur yang cukup. 

Tidur tujuh atau delapan jam permalam itu benar-benar dapat memengaruhi tingkat energi Anda.

 

  • Batasi makanan yang Anda makan

Terkadang Anda mungkin ingin menghindari makanan tertentu berdasarkan situasinya, pertimbangkan juga untuk memilih makanan yang Anda makan berdasarkan apa yang Anda inginkan.

 

Itulah penjelasannya. Jadi, apakah scarfLover tertarik untuk mencobanya?

 

 

(NRN)