Anak Susah Tidur Malam? Ikuti Tips Ini

Kebiasaan Anak

10

Banyak hal bisa menyebabkan si kecil jadi kesusahan tidur di malam hari, baik karena takut atau terlalu lama terpapar dengan sinar dari layar seperti pada hp, tv atau komputer. 

Padahal seperti yang kita tahu, begadang atau tidur larut malam berdampak buruk bagi kesehatan. Ditambah lagi jika anak tidur larut malam mereka bisa kelelahan akibat kurang tidur yang dapat berpengaruh pada aktivitas mereka di pagi hari.

image: pixabay

Kebiasaan ini sungguh tidak baik, Scarflover. Rasa kantuk dan kelelahan akibat begadang bisa mengganggu proses belajar anak.

Yuk, selesaikan masalah tidur anak dengan tips membiasakan anak tidur tepat waktu berikut ini!

 

  • Atur Jam tidur Anak

Membuat anak disiplin dengan waktu tidurnya sangatlah amat penting, Scarflover. Dengan begitu, anak akan tahu waktu untuk berhenti bermain dan segera beristirahat. Anak-anak memang cenderung lupa. Anda bisa melatihnya dengan selalu mengingatkan jam tidur mereka, hingga si kecil mulai terbiasa.

 

  • Hindari anak tidur dengan perut kosong

Tidak hanya orang dewasa, anak kecil pun bisa merasa tidak nyaman dalam kondisi lapar. Mereka akan cenderung rewel dari biasanya saat lapar. Oleh karena itu, pastikan anak sudah makan sebelum ia beranjak tidur. Perut lapar terkadang bisa membuat anak terbangun di malam hari.

 

  • Hindari Anak Terlalu Lama di depan layar

Cahaya dari layar dapat membuat mata terus terjaga, akibatnya anak jadi semakin susah untuk tidur. Setelah makan malam, Anda bisa mengajak mereka melakukan aktivitas positif lainnya seperti mengerjakan tugas, membaca dongeng atau bermain dengan permainan mereka.

 

  • Lakukan Rutinitas Sebelum Tidur

Rutinitas penting yang perlu dibiasakan pada anak, seperti sikat gigi. Setelahnya Anda bisa menambahkan minum susu agar anak lebih rileks, membacakan mereka dogeng, hingga berdoa.

 

  • Perhatikan kenyamanan

Pastikan si kecil nyaman dengan baju yang ia kenakan saat beranjak tidur. Sesuaikan dengan musim agar anak tidak terbangun karena kepanasan atau kedinginan. Selain pakaian, Anda juga bisa membiasakan si kecil untuk tidur dengan mematikan lampu. Namun jika mereka takut, Scarflover bisa menggunakan lampu tidur yang redup.

 

(NAR)