4 Buah yang Dapat Mengatur Kadar Hormon Tiroid

Kebiasaan makan yang buruk telah menjadi masalah kesehatan. Ini telah menyebabkan peningkatan drastis dalam sindrom metabolik dalam tiga dekade terakhir. Salah satu yang paling umum adalah gangguan tiroid.  

 

Apa itu gangguan tiroid?

Tiroid adalah kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu yang terletak di tengah leher bagian bawah. Meskipun merupakan organ kecil, ia memiliki banyak peran penting dalam tubuh kita. Kelenjar ini menghasilkan hormon tiroid yang membantu mengontrol pertumbuhan, perbaikan sel, dan metabolisme.

Setiap ketidakseimbangan dalam jumlah hormon yang diproduksi oleh kelenjar dapat menyebabkan kelelahan, rambut rontok, penambahan berat badan, merasa dingin, dan masih banyak lagi.

Image : unsplash

 

  • Hubungan antara kelenjar tiroid dan diet Anda

Dilansir dari Indiatimes, Diet berperan penting dalam mengelola gejala penyakit tiroid. Diet yang bergizi dan seimbang mungkin tidak membantu mengatasi masalah tiroid, tetapi dapat mengurangi gejalanya jika dipasangkan dengan obat yang tepat. Mengonsumsi makanan yang kaya akan beberapa nutrisi penting seperti Yodium, Kalsium, dan Vitamin D dapat membantu meminimalkan gejala. Berikut adalah empat buah yang harus menjadi bagian dari diet Anda.

Baca juga  Apa itu Diabetes Monogenik?

 

  • Apel

Makan apel sehari dapat mencegah penambahan berat badan, menjaga kadar gula darah Anda tetap terkendali dan juga kelenjar tiroid Anda dalam keadaan bekerja. Studi menunjukkan bahwa apel dapat mendetoksifikasi tubuh Anda yang membantu kelenjar tiroid berfungsi dengan baik.

 

  • Berri

Mereka membantu merangsang produksi hormon tiroid dan membuatnya berfungsi dengan lancar. Buah beri juga merupakan pilihan buah yang disukai jika Anda menderita diabetes dan penambahan berat badan, dua masalah yang umum terjadi pada kasus penyakit tiroid.

Baca juga  Kegunaan Foam Rolling

 

  • Jeruk

Radikal bebas menyebabkan peradangan pada kelenjar tiroid dan dapat mempengaruhi fungsinya. Vitamin C inilah yang meningkatkan kekebalan, menjaga gula darah, mengatur kadar kolesterol, mencegah kerusakan kulit dan membantu menyembuhkan luka.

 

  • Nanas

Nanas mengandung vitamin C dan mangan dalam jumlah tinggi, kedua nutrisi ini dapat melindungi tubuh kita dari kerusakan akibat radikal bebas. Buah tajam ini juga mengandung Vitamin B yang dapat membantu mengatasi kelelahan, salah satu gejala tiroid.

 

 

(NRN)

Translate »