Tips Mengembalikan Pakaian yang Menyusut 

Scarflover, pasti Anda merasa kesal jika baru beberapa kali memakai pakaian baru terus pakaian Anda menyusut setelah dicuci. Apalagi, jika pakaian tersebut adalah pakaian favorit atau pakaian yang baru kita pakai beberapa kali saja. Melansir dari Kompas.com pakaian menyusut terjadi karena beberapa sebab, misalnya karena kualitas produk, bahan, atau cara pencucian yang kurang tepat. 

Mary Galiardi, peneliti dan ahli kebersihan dari Clorox, jenis serat adalah alasan utama mengapa pakaian menyusut. Bahan alami seperti katun dan linen akan lebih mudah menyusut karena sifat penyerapan kelembapannya.

Image : Pexels

Lalu, serat yang berasal dari bulu hewan alami, seperti wol dan kasmir juga menyerap kelembapan, namun mereka memiliki “felt,” ikatan serat permanen yang membuat pakaian tampak lebih kecil setelah basah dan dapat disalahartikan sebagai menyusut. Alasan lain di balik mengapa pakaian menyusut berkaitan dengan seberapa besar ketegangan benang saat kain ditenun atau dirajut atau saat sedang diproses, dan kualitas pakaian secara keseluruhan.

Baca juga  Contek Gaya Keren Tantri Namirah

Nah, scarflover selain Anda sudah mengetahui penyebab pakaian menyusut, Anda bisa mengikuti berberapa tips untuk mengembalikan pakaian yang menyusut.

Jenis sweater katun 

Buat garis panjang pakaian di atas kertas sebelum kita mencucinya. Dengan cara ini akan membantu Anda mengetahui apakah ia akan menyusut atau tidak. Nah jika pakaian Anda mengalami penyusutan, Anda dapat menggunakan panduan untuk membantu membentuknya kembali ke dimensi aslinya dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Baca juga  Cara Ini Dapat Memperpanjang Umur Jaket Kulit Anda

Jika pakaian Anda menyusut, yuk ikuti petunjuk ini scarflover. Pertama, Anda bisa mengisi wastafel atau bak mandi dengan air hangat dan tambahkan sebotol shampo bayi, kondisioner rambut, atau sabun cuci yang diformulasikan untuk mencuci bahan halus. Lalu, Anda bisa merendam pakaian yang menyusut selama 30 menit untuk melonggarkan seratnya. Setelah itu, angkat pakaian dan peras lembut, namun jangan sampai benar-benar mengering.

Selanjutnya, letakkan pakaian di atas handuk dan gulung, tekan pelan hingga lembap namun tidak basah, lalu letakkan pakaian di handuk kering lainnya dan mulai meregangkannya perlahan hingga kembali pada ukuran aslinya. Terakhir, keringkan pakaian dengan menjemurnya. Bagaimana scarflover, apakah Anda tertarik untuk mencobanya di rumah?

 

(SL)

Translate »