Tarif Resmi PCR Terbaru

Keputusan Tarif Resmi PCR

127

Aturan baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) membuat keputusan bahwa harga tertinggi tes Covid-19 real time (RT) atau tes PCR adalah sebesar Rp 495 ribu untuk di wilayah Pulau Jawa dan Bali. Sedangkan untuk di luar Jawa dan Bali, harga tertingginya adalah Rp 525 ribu.

image: pixabay

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Abdul Kadir  juga memastikan batasan waktu tunggu hasil pemeriksaan screening virus corona (covid-19) melalui metode Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang sudah ditetapkan batasan tarif tertinggi baru, akan dilakukan selama maksimal 1 x 24 jam.

Hasil keputusan tersebut juga sama dengan instruksi Presiden Joko Widodo yang meminta agar hasil tes PCR keluar maksimal sehari, guna mendukung strategi pengendalian pandemi covid-19 di Tanah Air. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Abdul Kadir juga mengatakan perbedaan harga ini dikarenakan adanya variable transportasi yang dimasukan di wilayah luar Jawa Bali. Aturan ini sudah  berlaku sejak Selasa, 17 Agustus 2021.

“Hasil pemeriksaan RT PCR dengan menggunakan besaran tarif tertinggi tersebut dikeluarkan dengan durasi maksimal 1 x 24 jam dari pengambilan swab pada pemeriksaan RT PCR,” ungkap Kadir melalui konferensi pers secara daring yang disiarkan melalui  YouTube Kementerian Kesehatan RI, Senin (16/8).

Batas atas tarif PCR turun 55-58 persen dari harga awal yang ditetapkan Kemenkes melalui Surat Edaran nomor HK. 02.02/I/3713/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) pada 5 Oktober 2020 lalu.

Sebelumnya, dalam SE Kemenkes yang lama tertuang bahwa batasan tarif tertinggi untuk pemeriksaan RT-PCR termasuk pengambilan swab adalah Rp900 ribu. Namun, batasan tarif tersebut berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan RT-PCR atas permintaan sendiri atau mandiri.

(SL)