Manfaat Kesehatan Kunyit dan Curcumin yang Terbukti

Bumbu yang dikenal sebagai kunyit mungkin merupakan suplemen nutrisi paling efektif yang pernah ada.

Kunyit memiliki manfaat besar bagi tubuh dan otak Anda. Banyak dari manfaat ini berasal dari bahan aktif utamanya, curcumin.

Scarflover baca terus untuk mengetahui apa yang dikatakan sains tentang kunyit dan curcumin serta manfaatnya.

Apa itu kunyit dan curcumin?

Kunyit adalah bumbu yang memberi warna kuning pada kari.

Melansir dari healthline.com baru-baru ini, ilmu pengetahuan telah mulai mendukung klaim tradisional bahwa kunyit mengandung senyawa dengan khasiat obat. Curcumin adalah bahan aktif utama dalam kunyit. Ini memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan antioksidan yang sangat kuat.

image: resplash

1. Kunyit mengandung senyawa bioaktif dengan khasiat obat

Baca juga  Taiwan Akan Membebaskan Wisatawan Indonesia Dari Visa

Kunyit mengandung curcumin, zat dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Sebagian besar penelitian menggunakan ekstrak kunyit yang distandarisasi untuk memasukkan sejumlah besar kurkumin.

2. Curcumin adalah senyawa anti-inflamasi alami

Peradangan kronis berkontribusi pada beberapa kondisi kesehatan umum. Curcumin dapat menekan banyak molekul yang diketahui memainkan peran utama dalam peradangan, tetapi bioavailabilitasnya perlu ditingkatkan.

3. Kunyit dapat meningkatkan kapasitas antioksidan tubuh

Kerusakan oksidatif diyakini sebagai salah satu mekanisme di balik penuaan dan banyak penyakit. Sementara kunyit memiliki efek antioksidan, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat ini.

4. Curcumin dapat meningkatkan faktor neurotropik yang diturunkan dari otak

Sebelum para ilmuwan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang neuron, diyakini bahwa mereka tidak dapat membelah dan berkembang biak setelah masa kanak-kanak. Namun, mereka sekarang tahu bahwa bukan itu masalahnya. Curcumin meningkatkan kadar hormon otak BDNF, yang meningkatkan pertumbuhan neuron baru dan dapat membantu melawan berbagai proses degeneratif di otak Anda.

Baca juga  Model Sepatu Kantor yang Nyaman dan Stylish

5. Curcumin dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Curcumin memiliki efek menguntungkan pada beberapa faktor yang diketahui berperan dalam penyakit jantung. Plus, itu adalah agen anti-inflamasi dan antioksidan.

Scarflover kunyit dan curcumin memiliki banyak manfaat kesehatan yang terbukti secara ilmiah, seperti potensi untuk meningkatkan kesehatan jantung dan mencegah Alzheimer dan kanker. Ini adalah anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Ini juga dapat membantu memperbaiki gejala depresi dan radang sendi.

(DT)

Translate »