Malas Mencuci Muka Sebelum Tidur? Inilah hal yang akan Terjadi

Manfaat Mencuci Muka

52

Pernahkah Anda merasa malas mencuci muka sebelum tidur? Ya, hal tersebut pasti sering dirasakan karena lelah dan capek setelah menjalani aktivitas seharian.

Mencuci muka merupakan salah satu cara merawat kulit. (image: freepik.com)

Namun, perlu diketahui bahwa tidak membersihkan sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah dapat menimbulkan masalah kulit, lho. Tentu, Anda tidak mau mengalami hal tersebut, bukan? Berikut beberapa masalah yang timbul akibat malas mencuci muka sebelum tidur.

1. Kulit kering

Masalah pertama yang muncul akibat malas mencuci muka sebelum tidur yaitu kulit kering. Di malam hari kulit mengalami penurunan hidrasi yang cukup tinggi. Bila Anda tidak membersihkan sisa makeup dan kotoran yang menempel di wajah, kulit tidak dapat terhidrasi dengan baik. Keesokannya, wajah Anda akan mengalami flaky dan kulit kering.

 

2. Penyumbatan pori-pori

Pasti Anda mengetahui bahwa sisa makeup dan kotoran yang tidak dibersihkan dengan baik akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbul jerawat. Hal ini terjadi karena makeup tersebut membuat kulit kesulitan bernapas dan dapat menghambat proses perbaikan serta regenerasi kulit selama Anda tidur. Maka jangan kaget saat Anda terbangun besok pagi, akan muncul beberapa jerawat di wajah.

 

3. Wajah kusam

Sama halnya dengan kulit kering, wajah kusam juga akan menjadi permasalahan kulit yang muncul akibat dari malas mencuci muka. Karena sisa makeup dan kotoran yang tidak dibersihkan berubah menjadi sel kulit mati pada permukaan wajah. Hasilnya Anda akan mendapatkan wajah kusam dan tidak bercahaya.

 

4. Bintil dan infeksi

Malas mencuci wajah sebelum tidur juga dapat merusak kondisi wajah dan menyebabkan bintil serta infeksi. Seperti halnya jerawat, kotoran yang menyumbat pori-pori dapat memunculkan bintil di area sekitar mata. Lebih parah lagi, sisa makeup tersebut dapat menyebabkan infeksi pada luka yang berada di kulit wajah.

 

5. Penuaan dini

Menempelnya kotoran seperti polusi udara, gas, dan debu dapat menyebabkan radikal bebas pada kulit. Jika Anda malas mencuci muka sebelum tidur, akan menyebabkan inflamasi yang memicu penuaan dini. Mulai dari bintik hitam, ruam kemerahan, dan warna kulit yang tidak merata.

Nah, itu tadi beberapa masalah yang didapat akibat malas mencuci muka. Anda tidak mau mengalami hal tersebut, bukan? Yuk, mulai rajin membersihkan muka dan gunakan juga perawatan kecantikan yang aman ya.

 

(IN)