Makanan Alternatif Untuk Para Lactose-Intolerant

Tubuh memiliki banyak sekali komponen yang harus didukung oleh karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan juga mineral. Namun bagaimana jika tubuh tidak dapat mencerna protein? Keadaan ini disebut dengan intoleransi laktosa.

image: unsplash

Dilansir dari alodokter, intoleransi laktosa adalah keadaan dimana tubuh tidak dapat menghasilkan enzim laktase dalam jumlah yang cukup. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan hal ini terjadi. Bisa dari faktor genetik, penurunan produksi laktase, atau kondisi yang terjadi pada bayi prematur.

Penyakit ini tak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi anak-anak juga rentan mengidap penyakit ini. Lantas bagaimana tubuh mengantikan kepenuhan kalsiumnya, ketika badan tidak bisa menerima produk susu sapi dan turunannya? Ada beberapa makanan yang aman untuk dikonsumsi kok, yuk simak di bawah ini.

Baca juga  Benarkah MSG Tidak Sehat? Inilah Faktanya!

 

Susu Kacang

image: unsplash

Karena tidak bisa mengonsumsi susu sapi, terdapat pilihan lain yakni dengan susu nabati. Anda bisa mulai mengkonsumsi susu kedelai, almond, atau mete. Walaupun rasa dan teksturnya berbeda tapi tidak kalah enak dan mengenyangkan kok!

 

Ikan

Salah satu sumber kalsium ada pada ikan. Salmon dan tuna menjadi pilihan untuk mendapatkan protein sekaligus vitamin D yang baik oleh tubuh. 

 

Sorbet

Untuk para penderita penyakit ini memang agak sulit untuk mengonsumsi es krim. Karena di dalamnya terdapat produk olahan susu. Sorbet dapat mengatasi rasa rindu terhadap dessert manis ini. Terbuat dari buah-buahan alami dengan tekstur yang menyerupai es krim.

Baca juga  Treatment Alami Untuk Atasi PCOS

 

Kacang-kacangan

Protein yang tidak bisa di dapatkan dari hewani dapat digantikan dengan protein nabati loh Scarflover. Mengonsumsi kacang-kacangan sangat baik untuk para penderita penyakit ini.

 

Sayuran Hijau

Bayam, brokoli, dan buncis menjadi salah satu sumber kalsium dan zat besi yang bagus untuk tubuh. Tapi, jika Anda tidak menyukainya, masih banyak sekali alternatif sayur hijau lainnya kok!

(MH)

Translate »