Ketahui Tanda Buah Hati Anda Mengalami Obesitas

Penyakit obesitas biasanya dialami oleh orang dewasa karena pola hidup yang kurang baik. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa  sang buah hati Anda juga bisa menderita penyakit obesitas.

image: unsplash

Obesitas ini termasuk masalah kesehatan yang berlebihan akibat penumpukan lemak di dalam tubuh. Jika tidak segera ditangani, obesitas dapat menyebabkan anak terkena berbagai penyakit seperti hipertensi hingga diabetes. Hal yang patut lebih perhatikan ternyata banyak orangtua  terlambat menyadari bahaya obesitas yang mengintai para sang buah hati.

 

Melansir dari p2ptm.kemkes.go.id terdapat cara sederhana yang dapat membantu Anda untuk memastikan bahwa anak besitas. Dengan mengenali ciri-ciri sebagai berikut :

  1. Wajah bulat, pipi tembem, dan bahu rangkap
  2. Leher relatif pendek
  3. Perut buncit
  4. Kedua pangkal paha bagian dalam saling menempel dan bergesekan
  5. Pada Anak laki-laki dada membusung dan payudara sedikit membesar, serta penis mengecil (tidak terlihat secara utuh karena tertutup oleh timbunan lemak)
  6. Pada Anak perempuan datangnya pubertas lebih dini yaitu usia kurang dari 9 tahun sudah mengalami menstruasi
Baca juga  Lakukan Hal Ini untuk Jaga Jantung dan Otak Tetap Awet Muda

 

Melansir dari  British Journal of General Practice, anak yang kelebihan berat badan berada pada peningkatan risiko kematian dini dan penyakit yang lebih berbahaya di masa dewasa. Jika melihat persepsi orangtua dan definisi klinis obesitas anak tentu berbeda, hal ini membuat intervensi untuk menangani obesitas di lingkungan rumah menjadi tidak efektif.

Baca juga  Kerumunan Picu Kekurangan Oksigen Hingga Henti Jantung

Obesitas bagi anak-anak membuat buah hati berisiko terkena masalah kesehatan fisik dan mental seperti menderita diabetes tipe 2, sindrom metabolik, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, asma, gangguan tidur, penyakit hati berlemak non alkohol, patah tulang, harga diri rendah dan menjadi korban perundungan, masalah perilaku dan pembelajaran, hingga mengalami depresi.

Dengan mengetahui ciri-ciri sang buah hati obesitas dan dampaknya bagi kesehatan Anda bisa menjadi lebih menjaga kesehatan fisik maupun mental keluarga Anda. 

 

(SL)

Translate »