Ini Tanda Tubuh Anda Kecanduan Gula!

Kenali Bahayanya!

16

Mengkonsumsi makanan dan minuman manis memang favorit semua orang. Namun membatasi asupan gula harian juga menjadi hal yang penting lho Scarflover. Diketahui, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah membatasi asupan gula harian per orang dalam satu hari yaitu 50 gram gula atau setara dengan 5-9 sendok teh.

image: pexels

Nah, ternyata masih ada juga lho orang yang mengonsumsi lebih dari batasan itu hingga mengalami kecanduan gula. Timbulnya ciri kecanduan gula berlebihan bisa menjadi masalah serius dari sisi kesehatan. Sebab, hal ini akan meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes serta obesitas.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa tanda kalau tubuh mengalami kecanduan gula

 

Selalu ingin konsumsi banyak makanan manis

Salah satu ciri bahwa Anda kecanduan gula yang pertama adalah Anda selalu  mendambakan camilan manis setiap hari. Tubuh akan merespon untuk mengkonsumsi gula lebih banyak karena perasaan semakin banyak konsumsi gula maka akan timbul perasaan puas.

 

Ingin konsumsi makanan asin

Ternyata mengidamkan makanan asin juga bisa menjadi salah satu ciri kecanduan gula lho Scarflover. Mengidamkan makanan asin menjadi salah satu tanda bahwa tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Lisa Richards, seorang nutritionist, mengatakan bahwa keinginan untuk makan makanan gurih dan asin merupakan salah satu tanda dari tubuh agar Anda mengurangi asupan gula. Untuk menghindarinya, maka Anda perlu konsumsi makanan yang kaya akan mikronutrien dan makronutrien yang dibutuhkan tubuh agar mampu untuk berfungsi dengan optimal.

 

Anda mengonsumsi gula untuk merasa tenang

Beberapa orang ada yang memilih mengkonsumsi gula atau makanan manis dengan tujuan menenangkan diri. Hal tersebut bisa jadi adalah salah satu ciri kecanduan gula. Seseorang yang bergantung pada makanan manis untuk mengatasi stres, menenangkan diri, dan mengatasi isu psikologis lainnya bisa disebut sebagai pecandu gula.

 

Mengetahui resikonya namun tetap makan gula

Selain sebagai pertanda buruk, hal ini  biasanya adalah gejala paling utama dari kecanduan gula. Pada situasi ini Anda akan terus makan gula dan junk food secara kompulsif, meskipun Anda menyadari konsekuensi negatifnya.

 

Mengalami Beberapa Gejala saat Mencoba Berhenti

Ketika Anda sadar mengalami kecanduan gula, hal ini mungkin akan membuat Anda jadi mengurangi atau bahkan berhenti mengonsumsi gula dalam jumlah besar. Namun ternyata hal ini menimbulkan gejala yang tidak biasa, seperti sakit kepala, lesu, lelah, nyeri otot, ingin makan semakin banyak gula, hingga gangguan tidur. Agar tidak mengalami berbagai gejala tadi, sebaiknya kita mengurangi konsumsi gula sedikit demi sedikit dan bukannya langsung sekaligus.

(CD)