Cara Mengajarkan Keamanan Covid-19 kepada Anak Anda

Pada situasi saat ini, tidak mudah untuk menerapkan anak mengenai protokol kesehatan. Saat anak pergi keluar harus menggunakan masker, sebagian anak kadang ada yang tidak mau karena merasa sesak terlalu lama memakai, hal inilah membuat orangtua merasa kebingungan, dengan cara seperti apa untuk anak tetep mengikuti protokol kesehatan.

Sebagai orang tua Anda ingin memastikan anak melindungi dirinya sendiri saat Anda tidak ada untuk mengawasi. Dengan Covid-19, itu tidak selalu mudah. Orang tua perlu menunjukkan kepada anak-anak cara memakai masker dengan cara yang benar menutupi mulut, hidung, dan dagu. Berikut adalah langkah yang dapat Anda ambil untuk memberdayakan anak-anak Anda:

Baca juga  Teh Oregano Untuk Kesehatan

 

1. Jelaskan Apa Itu Virus dan Bagaimana Cara Penularannya Menggunakan Bahasa yang Ramah Anak

Image by Bob Dmyt from Pixabay

Anak-anak dapat memahami bahwa kuman seperti virus corona tidak terlihat, mikroorganisme kecil yang dapat menyebar dari satu orang ke orang lain. Anak-anak juga dapat memahami bahwa bahkan orang yang tampaknya tidak sakit Covid-19 karena tidak menunjukkan gejala dapat menulari orang lain.

 

2. Mengajarkan Perilaku Yang Baik

image: pixabay

Dengan mempraktikkan kebiasaan aman di rumah dan memberi contoh, orang tua dapat membantu melatih anak-anak mereka untuk mengambil tindakan pencegahan kesehatan bahkan tanpa pengawasan.

 

3. Promosikan Pemakaian Masker

image: pexels

Masker tidak akan melindungi dari virus jika dipakai secara tidak benar, sehingga orang tua perlu mengajari dan mencontoh cara yang benar, memastikan masker menutupi mulut, dagu, dan hidung sepenuhnya.

Baca juga  Psikolog Elly Risman Ungkap Dampak Buruk Paparan Sinar Biru dari Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini

 

4. Melatih Anak Mencuci Tangan

image: freepik.com

Mengajarkan anak Anda untuk tidak menyentuh mata, hidung, atau mulut mereka dengan tangan yang tidak dicuci karena kuman lebih mudah masuk ke dalam tubuh dengan cara itu. Sering mencuci tangan atau mensanitasi dapat membunuh kuman-kuman ini.

 

5. Hadiahi Perilaku Baik

image: unsplash

Memberi anak-anak semacam hadiah kecil untuk mematuhi protokol keselamatan mungkin merupakan cara untuk memperkuat perilaku positif ini. Hadiah yang digunakan dengan hemat dapat membantu anak-anak tetap mengikuti protokol kesehatan.

 

(DT)

Translate »