Beragam Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan & Diet

Khasiat Buah Nanas

122

Nanas adalah buah yang populer dijadikan jus atau minuman khususnya daerah tropis karena rasanya yang segar. Buah nanas ini berasal dari Amerika Selatan dan tanaman ditanam di negara-negara seperti Thailand, Indonesia, Malaysia, Kenya, India, Cina, dan Filipina looh Scarflover.

Jarang yang tahu, selain buah nanas menyegarkan, nanas juga memiliki manfaat kesehatan. Salah satunya, adalah manfaat yang sempat viral lewat sebuah video di media sosial TikTok. Video berjudul Pineapple Diet tersebut menyampaikan manfaat nanas sebagai bagian dari pengaturan makanan untuk menurunkan berat badan. Diet nanas disebut dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Melansir dari Stylecraze, diet nanas pertama kali digagas oleh psikolog Denmark Sten Hegler pada 1970.

Diet ini mengharuskan Anda untuk mengonsumsi dua kilogram nanas selama lima hari untuk mendampingi konsumsi makanan harian. Perlu Anda ingat untuk memperoleh manfaat ini Anda tetap harus menjaga jenis dan jumlah asupan makanan lainnya dengan seimbang.

image: freepik

Masih dari sumber yang sama, setelah lima hari menjalani pola diet tersebut, di samping berat badan turun, keluhan nyeri badan dan gastritis berkurang. Tidur pun lebih nyenyak.

Selain membantu menurunkan berat badan Anda Scarflover, simak beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan Anda.

 

  • Mencegah Kanker

Melansir dari Kompas.com nanas dapat mencegah kanker. Scarflover, jika Anda mengonsumsi nanas, jumlah radikal bebas dalam tubuh dapat diseimbangkan. Melansir dari Healthline, kandungan zat flavonoid dan asam fenolik pada nanas membuat buah ini kaya akan antioksidan. Dengan demikian, tubuh mampu melawan kondisi stres oksidatif yang cukup kuat.

 

  • Meringankan Gejala Artritis

Melansir dari jurnal bertajuk Bromelain as a Treatment for Osteoarthritis: a Review of Clinical Studies dari laman NCBI, enzim bromelain merupakan salah satu kandungan yang dapat meredakan artritis. Enzim tersebut terkandung juga dalam nanas. Adanya sifat anti inflamasi pada nanas dapat meredakan nyeri bagi penderita radang sendi. Selain itu, buah nanas kandungan juga baik dikonsumsi untuk meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi risiko terjadinya osteoporosis.

 

  • Melancarkan Pencernaan

Melansir dari laman Health Shots, di samping melancarkan pencernaan, nanas juga mampu membuat perut lebih cepat kenyang sekaligus membantu mengurangi kembung. Dengan demikian, konsumsi nanas tidak hanya membuat pencernaan lebih lancar, tapi juga mampu membantu Kawan Puan mengontrol pola makan.

 

 

(SL)