Beberapa Ide Sederhana Ini Mampu Kurangi Limbah Makanan

Terkadang hal kecil bisa menjadi suatu hal yang tidak disadari seperti melakukan pembuangan terhadap makanan atau yang biasa dikenal food waste. Food waste adalah makanan yang terbuang dan menjadi sampah. Food waste merujuk kepada makanan siap konsumsi dan memenuhi gizi seimbang yang terbuang begitu saja.

image: unsplash

Sampah makanan menjadi penyumbang terbesar sampah di Indonesia.  Sampah makanan berasal dari sisa potongan sayur atau buah serta kebiasaan menyisakan makanan. Terkadang banyak  orang mengira bahwa sampah makanan paling banyak bukan berasal dari restoran, pasar tradisional, atau supermarket, tetapi berasal dari rumah tangga. Lalu, bagaimana sih caranya agar tidak melakukan food waste lagi?

Baca juga  Kuliner Milik Artis Indonesia, yang Enak Banget

Inilah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi limbah makanan:

 

Jangan membeli secara berlebihan. 

Sebelum membeli sesuatu, ada baiknya Anda mencatat atau memikirkan terlebih dahulu mana yang lebih dibutuhkan. Hal ini mencegah agar makanan yang dibeli tidak mubadzir atau terbuang sia-sia. 

 

Periksa tanggal kadaluarsa makanan segar saat Anda membelinya.

Perlu diperhatikan, Anda dapat membeli apa saja yang sesuai kebutuhan yang dapat Anda gunakan sebelum kadaluarsa.

Baca juga  Courtyard Marriott Bandung Dago Tawarkan Buka Puasa Hemat Bersama Keluarga

 

Rencana ke depan. 

Membeli sesuatu makanan pasti sesuai keinginan dan kebutuhan. Untuk itu, ada baiknya Anda memikirkan akan membuat rencana memasak suatu makanan terlebih dahulu agar makanan yang dibeli pun sesuai dengan apa yang anda inginkan dan butuhkan. 

 

Berkreasilah dengan masakan Anda

Cobalah mengkombinasikan segala jenis sayuran, seperti zucchini, kembang kol, dan bit, menjadi smoothie, lalu mempermanisnya dengan buah apa pun yang ada di sekitarnya.

 

(NRN) 

Translate »