6 Tips Menata Dapur yang Rapi dan Fungsional

Pandemi Covid-19 memaksa Scarflover untuk tetap berada di rumah bukan? Adanya anjuran untuk tetap di rumah pastinya membuat bosan sehingga sebagian orang memilih untuk berkreasi di dapur. Entah hanya untuk sekadar memasak sehari-hari ataupun berkreasi membuat kue atau masakan lainnya agar tetap produktif. Hal tersebut dapat menjadi obat untuk mengatasi stres atau perasaan bosan saat di rumah saja.

Untuk menciptakan suasana yang menyenangkan, Scarflover bisa membuat dapur senyaman mungkin dengan menatanya ataupun menggunakan aksesoris yang sesuai

 

Mengelompokkan peralatan masak sesuai dengan fungsinya

image: familyhandyman.com

Agar lebih terorganisir, Anda bisa mengelompokkan peralatan masak sesuai fungsinya. Selain membuatnya lebih rapih, cara ini juga memudahkan saat mencari barang yang dibutuhkan.

Peralatan seperti piring, gelas, ataupun peralatan makan yang lainnya sebaiknya diletakkan di area yang berdekatan di area makan. Sebaliknya dengan peralatan seperti wajan, panci, pisau, bumbu-bumbu, dan lainnya diletakkan berdekatan dengan area kompor.

 

Memiliki banyak laci ataupun rak

image: pinterest

Untuk memaksimalkan setiap sudut yang ada, Anda bisa memanfaatkannya dengan menaruh perabot khusus yang bermanfaat seperti laci atau rak. Penggunaan laci seperti gambar diatas dapat memudahkan penyimpanan peralatan dapur loh! Tak lupa juga untuk menyimpan barang sesuai fungsinya ya, Scarflover.

Baca juga  Tips Bikin Kamar Tidur Estetik Selama PPKM dengan Korean Style!

 

Tempat sampah yang memiliki ukuran besar

image: ardisa.com

Agar dapur tetap terlihat rapih dan estetik, Anda bisa menaruh tempat sampah didalam laci khusus yang sudah disediakan. Anda bisa menyediakan wadah sampah yang besar agar sampah tidak tercecer. Jangan lupa untuk membuang sampah rutin di luar rumah agar tidak bau di dalam laci ya!

 

Sirkulasi udara

image: schoolhouse.com

Jika suka memasak, Scarflover juga harus memperhatikan sirkulasi yang baik. Sirkulasi udara mempengaruhi hawa di dapu. Udara yang panas karena kompor akan membuat dapur tidak nyaman. Uap yang dihasilkan dari uap air dan uap minyak juga ternyata bisa membuat dinding rusak loh, Scarflover!  Oleh karena itu, kita bisa memanfaatkan exhaust fan ataupun jendela di area dapur.

 

Sirkulasi pencahayaan

image: realhomes.com

Selain sirkulasi udara, jendela bisa Anda manfaatkan untuk sirkulasi cahaya alami untuk membantu penerangan ruangan loh! Pencahayaan dalam ruangan juga dapat mempengaruhi aktivitas masak kita, Scarflover bisa memakai warna lampu yang netral bewarna 4000K. Pemilihan warna lampu yang tepat dapat menciptakan kenyamanan di area dapur dan membuat mata tidak lelah ketika beraktivitas di dapur.

Baca juga  Karena Amnesti, 600 Pejuang ISIL dibebaskan oleh Kurdi Suriah

 

Memilih material yang mudah dibersihkan dan bewarna cerah

image: doobarquitetura.com

Dalam mendesain ruangan, penting untuk memperhatikan material yang digunakan untuk kabinet, ataupun area kerja dapur. Material ini sangat berpengaruh karena kabinet adalah hal yang paling dominan di dapur.

Anda dapat memilih material yang memiliki desain yang simple dan natural. Anda bisa menggunakan HPL lapisan finishing pada furniture kayu yang bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan lap basah. Atau Anda dapat menggunakan granit batu alami yang dapat dibersihkan juga hanya dengan lap basah.

Scarflover juga bisa menggunakan warna yang cerah agar dapur terlihat lebih luas dan bersih!

 

Nah, itulah beberapa tips  untuk menciptakan suasana kerja di rumah yang nyaman, produktif, dan tentunya sehat! Untuk ide lainya bisa cek di CATA INTERIORS.

(HV)

Translate »