Turunkan Berat Badan Berdasarkan 5 Cara Alami Ini Terbukti Efektif!

Tanpa Diet Yang Menyiksa!

37

Banyak cara dilakukan untuk menurunkan berat badan. Mulai dari menjalankan diet ketat, konsumsi makanan rendah lemak, sampai suplemen penurun berat badan. Namun, Tahukah Anda bahwa terdapat cara menurunkan berat badan yang terbukti efektif secara ilmiah? Penasaran bagaimana caranya? Berikut ulasan lengkapnya.

image: freepik

Melansir dari laman medicalnewstoday.com berikut 5 cara ilmiah turunkan berat badan.

 

Melakukan Puasa Intermiten

Puasa Intermiten (IF) merupakan puasa jangka pendek dengan pola makan teratur dan konsumsi makan dalam jangka waktu singkat dalam satu hari. Beberapa penelitian mengatakan bahwa puasa jangka pendek dengan jangka waktu singkat selama 24 minggu dapat menurunkan berat badan bagi orang gemuk. Cara puasa IF yang paling umum dilakukan adalah diet 5:2 atau puasa pada 2 dari 7 hari, dengan ketentuan makan 500-600 kalori.

 

Konsumsi protein untuk sarapan

Konsumsi protein dianggap dapat mengatur nafsu makan agar orang merasa kenyang. Hal tersebut disebabkan oleh penurunan hormon lapar ghrelin dan peningkatan hormon kenyang peptida. Hal ini juga terbukti efektif secara ilmiah bahwa efek hormonal dari sarapan tinggi protein, seperti telur, oats, kacang-kacangan, dapat bertahan selama beberapa jam.

 

Kurangi gula dan karbohidrat

Kelebihan mengkonsumsi gula dan karbohidrat akan berdampak pada obesitas. Makanan jenis ini biasanya tidak memiliki serat dan nutrisi lain. Maka dari itu, makanan tersebut cepat dicerna dan berubah menjadi glukosa. Ada baiknya untuk menukar makanan mengandung gula dan karbohidrat menjadi makanan manis namun sehat dan rendah gula, di antaranya meliputi: nasi gandum, buah, kacang-kacangan, dan minuman sehat seperti teh herbal dan smoothie air atau susu rendah lemak.

 

Konsumsi banyak serat

Mengkonsumsi banyak serat dapat membuat Anda merasa kenyang. Terlebih dengan konsumsi banyak serat menjadi pilihan tepat untuk melakukan diet sehat atau menurunkan berat badan alami. Jenis makanan yang kaya akan serat diantaranya, yaitu sereal atau gandum, buah dan sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

 

Kelola tingkat stres

Stres menjadi salah satu penyebab berat badan naik. Saat seseorang mengalami stres atau berada di bawah tekanan, dapat meningkatkan nafsu makan dan berpotensi menyebabkan makan lebih banyak. Namun, tidak sedikit orang yang mengalami penurunan nafsu makan saat berada dalam sebuah tekanan atau stres. Untuk dapat mengelola tingkat stres tersebut, berikut pilihan cara untuk menanganinya yaitu dengan melakukan yoga, meditasi, relaksasi, dan menghabiskan waktu di luar ruangan.

 

(IN)