Tips Mengajarkan Anak Berhijab Sejak Dini

Penting Bagi Orang Tua Untuk Memberitahunya Sejak Dini!

57

Sebagai seorang muslim, Anda tentu paham bahwa menggunakan hijab merupakan sebuah kewajiban setiap muslimah yang sudah baligh. Perintah menutup aurat ini memang bukan hanya untuk perempuan, namun juga laki-laki, hanya saja dengan batasannya berbeda.

Kewajiban menutup aurat secara jelas tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-Ahzab ayat 59 yang artinya, “Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang beriman: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka.“  

image: unsplash

Maka, penting bagi orangtua untuk mulai memberikan pengajaran bagi anak perempuan sejak dini bahwa hijab adalah hal yang wajib sebagai muslimah. Hal ini bisa dilakukan dengan membiasakan anak Anda tampil dengan hijab setiap kali hendak keluar dari rumah agar anak bisa terbiasa hingga ia baligh. Lalu, bagaimana membiasakan anak berhijab sejak dini? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan!

 

Beri pemahaman

Anda bisa berikan pemahaman pada anak tentang nilai-nilai beragama kepada anak. Salah satunya nilai yaitu tentang hak dan kewajiban beragama. Berikan pemahaman pada anak tentang pentingnya menutup aurat sebagai perempuan. Anda bisa juga menceritakan berbagai kisah motivasi Islami dalam keutamaan berhijab.

 

Berikan contoh

Tentu akan lebih baik jika orangtua terutama ibu bisa memulainya terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar anak dapat mencontoh ibunya yang merupakan orang terdekat dikeluarganya. Ibu adalah role model pertama untuk anak-anaknya. Untuk itu, mulailah dari ibu yang berhijab supaya anak Anda kelak menjadikannya sebagai panutan.

 

Pilihlah model dan bahan jilbab yang nyaman

Ini merupakan hal penting yang harus Anda ketahui sebagai orang tua. Supaya anak merasa nyaman dan betah ketika mengenakan hijab, maka pilihlah bahan yang tidak panas, lembut, ringan, mudah menyerap keringat. Begitu dengan model yang dikenakan, Anda bisa juga memilih model baju terusan seperti gamis atau potongan. 

 

Berikan lingkungan yang positif untuk anak

Lingkungan merupakan salah faktor yang dapat mempengaruhi perilaku dan pergaulan anak. Oleh karena itu, jangan salah memilihkan tempat untuk anak Anda belajar bersosialisasi, bergaul dan menuntut ilmu. Anda harus pilihkan anak Anda pada lingkungan yang baik seperti sekolah, tempat bermain, dan lain-lain.

 

Berikan motivasi dan pujian untuk anak

Anda bisa memberikan pujian kepada anak ketika dia mengenakan hijab sebagai penghargaan. Motivasi dan dukungan sangat penting diberikan supaya anak merasa senang dalam berhijab. Selain itu, pujian juga dapat meningkatkan kepercayaan diri anak dengan penampilannya.

 

(CD)