Simak Tips Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh dari WHO

Tips Menjaga Kekebalan Tubuh

41

Menjaga kesehatan tubuh di tengah pandemi itu sangat penting. Anda juga perlu memperhatikan asupan gizi dan serat dari makanan yang dikonsumsi. Beberapa makanan dan minuman memiliki kandungan yang bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah merangkum cara menjaga kesehatan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna mencegah Covid-19. Mau tau ada apa saja? Yuk, simak tipsnya berikut ini.

 

  1.   Konsumsi makanan segar dan tidak diproses
image: pixabay

Cara yang pertama yaitu dengan mengkonsumsi makanan segar dan tidak diproses. Perlu diperhatikan juga waktu dan cara memasak makanan tersebut. Seperti memasak sayuran dengan suhu dan waktu yang tidak terlalu lama. Untuk menjaga pola hidup sehat, WHO menyarankan memakan 4 porsi buah, 5 porsi sayuran, 180 gr biji-bijian, dan kacang-kacangan setiap hari.

 

  1.   Minum air putih yang cukup
image : freepik

 

WHO juga menganjurkan untuk meminum air putih yang cukup. Cairan sangat diperlukan dalam tubuh. Sebab cairan dari air minum dapat mengatur suhu tubuh agar tidak dehidrasi. Untuk itu dianjurkan untuk minum delapan hingga sepuluh gelas air setiap hari. Tambahan serat dari sayuran dan buah juga bagus dalam meningkatkan asupan air dalam tubuh, lho.

 

  1.   Kurangi makanan berlemak
image: Freepik.com

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh lainnya dengan mengurangi makanan berlemak. Terutama makanan dengan tinggi lemak jenuh, seperti daging, mentega, krim, dan keju. Sebaiknya konsumsi daging putih yang lebih rendah lemak, seperti ikan. Lemak trans juga harus dihindari, karena dapat membahayakan tubuh. Contoh lemak trans seperti makanan cepat saji.

 

  1.   Batasi asupan garam dan gula
image: resplash

Garam dan gula memang diperlukan tubuh, tetapi tidak dianjurkan untuk mengkonsumsinya secara berlebih. Anda bisa mengurangi asupan garam dengan porsi 5 gr atau sdt per hari. Untuk gula, hindari telalu sering konsumsi minuman bersoda. Selain itu, konsumsi kacang-kacangan bisa dijadikan pilihan camilan sehat pengganti makanan penutup yang manis dan tinggi kalori.

 

  1.   Hindari makan di luar
image: freepik

 

Seperti anjuran dari WHO dan pemerintah untuk menghindari kerumunan dan menjaga jarak minimal satu meter. Kegiatan seperti makan di luar tidak diperbolehkan. Jika Anda dalam kondisi terpaksa harus membeli makanan di luar, pastikan makanan tersebut memenuhi syarat pola makanan sehat dan seimbang menurut WHO.

 

Nah, itu tadi beberapa tips meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari WHO. Mulai sekarang harus jaga diri dan jangan lengah atau abai terhadap prokes ya.

 

(IN)