Simak Manfaat Air Cucian Beras untuk Kecantikan Wajah

Baik Untuk Kulit Wajah

40

Memiliki wajah bersih dan terhindar dari jerawat merupakan impian bagi setiap orang. Tentunya diperlukan perawatan wajah yang tak mudah. Banyak produk kecantikan yang menawarkan berbagai manfaat perawatan wajah dengan harga yang fantastis.

image: freepik

Namun, tahukah Anda untuk mendapatkan wajah bersih dan bebas jerawat bisa gunakan bahan alami seperti air cucian beras, lho. Selain praktis dan tidak bayar, air cucian beras dianggap memiliki segudang manfaat untuk kecantikan wajah. Mau tau ada apa saja? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

Sebagai toner dan pembersih wajah alami

Buat Anda yang tidak bisa memakai toner yang mengandung bahan kimia, bisa coba gunakan air beras sebagai toner pembersih wajah alami. Caranya mudah, rebus beras dan saring air rebusan tersebut. Masukan ke dalam botol, lalu simpan di lemari es. Cara pakainya bisa disemprotkan ke wajah lalu pijat perlahan, atau pun menuangkannya ke permukaan kapas, setelah itu bilas wajah hingga bersih. Air beras ini bisa juga digunakan untuk menghapus sisa-sisa makeup, lho.

 

Mencerahkan kulit wajah

Manfaat lainnya dari air cucian beras yaitu dapat mencerahkan kulit wajah. Pasalnya, wanita Korea dan Jepang menggunakan air cucian beras tersebut untuk perawatan kulit dan kecantikan wajah mereka. Maka dari itu, banyak produk perawatan kulit, seperti facial wash, krim, toner berbahan dasar sari pati air beras sebagai kandungannya.

 

Mengatasi kulit kering

Air cucian beras juga dianggap mampu mengatasi kulit kering dan iritasi akibat dari penggunaan produk perawatan wajah yang berbahan kimia. Manfaat ini belum terbukti secara ilmiah, tetapi Anda bisa mencuci muka dengan menggunakan air beras sebanyak dua kali sehari.

 

Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dari hasil fermentasi air beras dianggap dapat mencegah penuaan dini, lho. Berkat kandungan antioksidan yang tinggi dalam air beras dapat menghambat aktivitas elastase. Elastase merupakan enzim yang dapat merusak kulit. Dengan kata lain, air cucian beras dapat menjaga elastisitas kulit wajah secara alami.

 

Menyamarkan garis halus dan kerutan

Bukan hanya itu, air cucian beras juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang bagus untuk menyamarkan garis halus dan kerutan. Kulit wajah Anda pun akan terasa lebih kencang dan tampak awet muda.

 

Itu tadi beberapa manfaat dari air cucian beras yang bagus untuk kecantikan wajah. Perlu diperhatikan kembali, jika tidak cocok sebaiknya hentikan pemakaian air tersebut ya. 

(IN)