Nora al-Matrooshi, Hijaber Astronout Pertama

Nora al-Matrooshi adalah perempuan pertama dari Uni Emirat Arab yang jadi astronaut.  Ia berhasil lolos setelah melewati berbagai seleksi bersama 4.300 pelamar lainnya. Terpilihnya Nora sebagai astornaut pada April 2021, ia akan dilatih sebagai bagian dari program antarika Uni Emirat Arab.

image: instagram.com/astronaut_nora/

Nora, wanita berumur 27 tahun ini merupakan seorang insinyur mesin lulusan teknik mesin dari Universitas Uni Emirat Arab. Ia pernah bekerja di perusahaan konstruksi perminyakan Nasional Abu Dhabi. Dan ia juga bekerja sebagai seorang insinyur di National Petroleum Construction Company.

Baca juga  Alasan Anda Harus Memulai Bisnis

 

Prestasi Nora

Tidak hanya pandai dibidang teknik, Nora juga pernah belajar bahasa Korea di Universitas Hanyang di Seoul. Keunggulannya dalam bidang teknik dan matematika membuat Nora terpilih untuk mewakili UEA dalam Olimpiade Matematika Internasional 2011 di Amsterdam dan Ia juga terpilih untuk Program Duta Pemuda UEA 2013 di Korea Selatan.

 

Bergabung menjadi astronoaut dari UEA

Nora bersama Mohammad al-Mulla dan Hazza al-Mansouri bergabung  menjadi astronoaut dari UEA.Mereka akan memulai latihan internal yang akan  berlanjut hingga mereka bergabung dengan “Kelas Kandidat Astronaut NASA 2021” pada Desember.

Baca juga  Sadari Gejala PMS Agar Mood Lebih Indah

Ia menjelaskan motivasinya menjadi astronaut adalah karena kecintaannya pada luar angkasa yang dimulai sejak ia masih anak-anak dan ia ingin sekali menjadi astronaut. Dulunya, disebutkan jika Nora kerap pergi ke acara pengamatan bintang dan pelajaran tentang luar angkasa merupakan favoritnya di sekolah.

Secara pribadi, Nora mengatakan memiliki cita-cita untuk mengembangkan sektor luar angkasa di UEA lebih jauh dan juga ingin mendarat di Bulan dengan pesawat ruang angkasa milik Emirat.

 

(HV)

Translate »