Masker Ini Ampuh Cegah Covid

jenis-jenis masker untuk cegah covid

97

Penggunaan masker di tengah lonjakan virus Covid-19 penting dilakukan. Agar terhindar dari penularan, masker juga dijadikan sebagai alat proteksi diri. Pemerintah pun sempat menganjurkan pemakaian masker dua lapis kepada masyarakat. Sudah banyak pula jenis masker yang beredar, seperti masker medis N95, KN95, dan KF94. Nah beberapa jenis masker ini dinilai aman dan ampuh cegah Virus Covid-19. Mau tau ada apa saja? berikut ulasan lengkapnya.

  1.   Masker Kain
photo by freepik

Ketebalan yang dimiliki masker kain dinilai ampuh cegah penularan Covid-19. Desain dari masker kain mirip seperti masker medis. Kemampuan menyaring partikel masker kain mencapai 30% – 40%. Kelebihan dari masker kain ini yaitu dapat dicuci dan dipakai kembali. Masker ini juga mudah ditemukan, biasa dijual dipinggir jalan atau melalui toko online.

  1.   Masker Elektrik/Exhaust
photo by homecare24.id

Masker jenis ini menggunakan tenaga baterai dan dilengkapi dengan filter kipas untuk melancarkan sirkulasi udara. Kemampuan penyaringan masker ini juga cukup baik, namun Anda harus rajin mengganti filter. Filter pada masker elektrik berguna untuk menyaring partikel kotoran dari luar, harganya pun cukup mahal, belum lagi perlu pengisian daya baterai. Masker ini juga dinilai tidak aman, karena desain lubang filter memungkinkan untuk virus mudah masuk.

  1.   Masker R95, R99, R100
photo by corporation.ca

Masker R95, R99, R100 memiliki ketahanan yang cukup tinggi. Masker ini mampu menahan polutan sejenis minyak, sesuai dengan kode huruf R yang berarti Resistant Oil atau tahan minyak. Masker jenis ini juga biasa digunakan di area kabut asap, seperti pembakaran batu bara, gas alam, ataupun minyak bumi. Untuk angka yang berada di belakang huruf R, dianggap sebagai kemampuan dalam menangkal polutan, yaitu R95 berarti 95%, R99 berarti 99%, dan R100 sanggup menyaring hingga 99.97%.

  1.   Masker P95, P99, P100
photo by corporation.ca

Tidak jauh berbeda dengan masker R95, R99, R100, masker P95, P99, P100 pun memiliki ketahanan yang serupa. Bedanya, kode huruf P yang ada pada masker memiliki arti Oil Proof atau kedap minyak. Tetapi masker jenis ini bisa menghalau partikel kecil di udara. Adapun lama pemakain masker ini tidak boleh lebih dari 40 jam atau penggunaan hingga 30 hari.

 

(IN)