Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan Tubuh

Dapat Mengatasi Berbagai Penyakit

18

Tanpa disadari, setiap langkah yang Anda ambil sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Berjalan kaki bermanfaat bagi setiap bagian tubuh Anda dari otak hingga pergelangan kaki Anda.

image: pixabay

Faktanya, hanya berjalan kaki selama sepuluh menit setiap hari dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda. Berjalan dapat menjadi rutinitas harian Anda untuk membuat tubuh Anda sehat. Berikut beberapa manfaatnya yang dilansir dari GoodHouseKeeping:

 

Berjalan dapat menstabilkan gula darah Anda.
Bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes, jalan kaki mampu menurunkan kadar gula darah. Sebuah penelitian di Universitas George Washington menemukan bahwa orang yang berjalan kaki hanya 15 menit setelah makan mengalami penurunan gula darah yang lebih sehat daripada mereka yang berjalan kaki selama 45 menit berturut-turut.

Peningkatan aliran darah membuat arteri melebar dengan mengirimkan glukosa ke otak, jantung, dan otot untuk digunakan sebagai bahan bakar. Itulah sebabnya berjalan kaki, bahkan dalam waktu singkat dua menit setiap 20 menit, dapat membantu tubuh menurunkan gula darah setelah makan.

 

Berjalan kaki dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.
Bagi orang yang mengidap insomnia, ada baiknya jika Anda melakukan jalan kaki sebagai rutinitas harian Anda agar memperbaiki kualitas tidur Anda.  Faktanya, orang yang berjalan di pagi atau sore hari memiliki kualitas tidur yang lebih nyenyak dibandingkan dengan mereka yang tidak berjalan sama sekali,

 

Berjalan meningkatkan kekuatan otak.
Berjalan secara teratur dapat meningkatkan ukuran otak pada orang dewasa yang lebih tua, meningkatkan kinerja kognitif, dan efektif dalam mengobati beberapa penyakit mental seperti depresi.  Sebuah studi dari Stanford University menemukan bahwa berjalan meningkatkan kreativitas hingga 60%.

 

Berjalan mendukung sistem kekebalan tubuh Anda.
Sistem kekebalan tubuh menjadi hal penting ditengah pandemi seperti ini. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat menjadi hal yang harus dimiliki. Melakukan olahraga berjalan dapat membantu membangun sel-sel kekebalan dalam tubuh yang  menghancurkan patogen. Akibatnya, orang yang berjalan secara teratur memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit yang parah akibat infeksi.

 

(HV)