Malas Olahraga Karena Keringat dan Bau Badan? Ini Cara Atasinya!

Jangan Sampai Malas Olahraga!

80

Apakah Anda pernah merasa tidak nyaman berdekatan dengan orang lain karena bau badan Anda yang tidak sedap saat berolahraga?

Bau badan yang tak sedap merupakan masalah yang paling sering dikeluhkan banyak perempuan ketika berolahraga. Adanya hal ini seringkali membuat perempuan enggan menggerakan tubuhnya demi menjaga keharuman tubuh dan mengatasi rasa tidak percaya diri. Meski begitu, olahraga tetap menjadi hal penting yang harus dilakukan agar kesehatan dan  kebugaran tubuh tetap terjaga lho! Lalu bagaimana cara mengatasinya?

image: unsplash

Ada banyak hal yang memicu timbulnya bau badan ketika berolahraga. Beberapa di antaranya adalah meningkatnya produksi keringat dan bakteri yang berinteraksi dengan keringat dan panas tubuh. Ini dia sumbernya keringat yang bikin bau badan. Keringat berlebih bisa memicu bakteri yang menimbulkan bau tidak sedap. Sumber permasalahan bau badan yang gak kalah penting untuk diperhatikan adalah gaya hidup tidak sehat. Untuk itu mulai saat ini Anda harus memastikan gaya hidup Anda berubah jadi lebih sehat.

Nah, untuk membantu Anda mengatasi masalah ini, berikut tips untuk mencegah dan menghilangkan bau badan yang timbul ketika berolahraga!

 

 

Mandi dengan sabun anti-bakteri

 

Pilihlah sabun yang punya manfaat antibakteri. Biasanya, sabun dengan klaim antibakteri memiliki formula yang bisa menghilangkan BO (body odor) dengan efisien. Dengan begitu diharapkan dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab bau dan akan mengurangi bau badanmu.

 

 

Gunakan deodorant atau antiperspirant

 

Deodorant tak bisa mencegah keringat namun dapat menutupi bau badan dengan baik. Antiperspirant mengandung alumunium klorida yang dapat mengurangi produksi keringat pada tubuh. Untuk itu Anda perlu  memakai produk yang bisa melakukan kedua hal ini sekaligus, tapi juga punya wangi yang awet untuk menghilangkan bau ketiak.

 

 

Perhatikan asupan makanan

 

Ungkapan ‘you are what you eat’ ternyata memang benar adanya lho, Scarflover! Beberapa jenis makan ternyata berkontribusi dalam mempengaruhi bau badan Anda.  Jenis makanan tersebut diantaranya seperti cabai dan makanan pedas lainnya, serta berbagai jenis bawang. Minuman dengan kafein tinggi juga bersifat diuretik, yang bisa memaksa tubuh mengeluarkan cairan melalui urine atau keringat.

 

 

Perbanyak minum air putih

 

Selain makan makanan yang tepat, Anda juga perlu memperbanyak minum air putih. Tidak hanya penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi, air putih juga mampu melakukan detox zat-zat beracun di dalam tubuh yang juga andil dalam menyebabkan bau badan. Untuk itu, Anda harus memastikan konsumsi air putih harian Anda cukup, terutama saat berolahraga!

 

 

Pilih pakaian yang menyerap keringat saat berolahraga

 

Salah satu penyebab bau badan saat olahraga adalah pemilihan bahan pakaian yang tidak tepat. Anda perlu memilih bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik karena ketika keringat terserap dengan baik, bakteri pada tubuh Anda tidak bisa berkembang biak sesuka hati. Anda juga harus sesuaikan pakaian yang Anda kenakan dengan dengan olahraganya. 

(CD)