Langkah Cerdas Agar Dapur Anda Minim Sampah Organik

Buat Sampah Organik Jadi Lebih Bermanfaat

35

Scarflover, tahukah Anda kalau selain dari plastik, Indonesia juga punya banyak sampah makanan lho! Salah satu penyebabnya adalah hampir semua orang yang memasak, membuang sampah dapurnya begitu saja tanpa memikirkan dampak yang akan muncul bagi lingkungan. Masih banyak yang tidak sadar jika sampah dapur itu terkadang bisa menjadi masalah yang serius.

Berdasarkan data Badan Pangan Dunia atau FAO, makanan yang terbuang menjadi sampah di seluruh dunia hampir 1.3 juta ton. Sampah -sampah ini meliputi berbagai macam proses, dari pertanian hingga konsumsi. Sementara itu, menurut data dari PBB, Indonesia menghasilkan 6 kg limbah makanan per orang setiap tahunnya.

image: unsplash

Namun, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendaur ulang sampah dapur menjadi hal yang lebih bermanfaat lho Scarflover. Apa saja? Simak penjelasan berikut!

 

Ubah sampah organik dari sisa sayuran menjadi kompos
Cara cerdas mengolah sampah rumah tangga berbahan organik yang bisa Anda lakukan adalah menjadikannya kompos untuk berkebun. Jika Anda tidak suka berkebun, Anda tetap bisa menyumbangkan kompos kepada organisasi yang
bergerak di bidang perkebunan, sehingga akan lebih bermanfaat.

 

Berikan untuk pakan hewan
Cara mengolah sampah organik sisa makanan juga bisa Anda berikan untuk hewan lho Scarflover. Strategi mendaur ulang sampah dapur dan sampah makanan dengan cara ini sangat aman dan juga efektif. Anda bisa bekerja sama dengan peternak lokal. Atau kumpulkan dan pilah sampah dapur lalu diberikan pada hewan peliharaan Anda jika memelihara hewan di rumah.

 

Jadikan menjadi biogas
Sampah dapur dan sampah makanan ternyata bisa dimanfaatkan untuk membuat energi terbarukan loh. Biogas merupakan salah satu sumber energi terbarukan dan berkelanjutan yang bisa dikembangkan dari bahan organik yang ada dalam sampah dapur.

Menurut para peneliti, caranya, limbah dibakar untuk menghasilkan cairan mentah yang bisa dikonversi menjadi bio fuel. Residunya kemudian diolah dan akan menghasilkan metana yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber listrik dan panas.

 

Daur ulang menjadi sajian baru
Anda bisa memikirkan ide kreatif yang bisa dilakukan untuk memikirkan resep apa yang cocok untuk mendaur ulang sisa-sisa makanan tersebut. Misalnya sisa-sisa sayuran seperti daun bawang, jagung, tomat dan kentang, bisa diolah menjadi kaldu sayuran. Atau kulit udang yang juga bisa diolah menjadi kaldu.

 

Mengolah kulit jeruk jadi pengharum ruangan
Masih punya banyak persediaan jeruk dan lemon yang sudah hampir membusuk? Jangan dibuang seluruhnya! Anda bisa mengambil kulitnya dan rajang kulitnya kecil-kecil. Masukkan kulitnya ke dalam panci, rebus hingga matang. Air dari rebusan kulit jeruk dan lemon ini bisa dijadikan pengharum ruangan alami.

Nah itu dia beberapa langkah cerdas yang bisa Anda lakukan agar dapat meminimalkan sampah dapur. Yuk mulai berpikir kreatif dan ikut berpartisipasi dalam menyelamatkan lingkungan!
(CD)