Ketahui Manfaat Spirulina bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kesehatan yang dapat Dikonsumsi

16

Spirulina merupakan golongan superfood yang memiliki banyak manfaat dan nutrisi lengkap. Tumbuhan ini memiliki bentuk seperti tanaman ganggang hijau kebiruan yang biasa hidup di air laut dan tawar. Dibutuhkan proses pengolahan yang cukup panjang untuk bisa mengkonsumsi jenis tanaman ini.

image by pixabay

Produk kesehatan berbahan spirulina pun sudah banyak beredar di pasaran dan tersaji dalam berbagai rupa, ada dalam bentuk tablet, bubuk bahkan sampai minuman yang dapat dikonsumsi. Nah, berikut manfaat dari spirulina si superfood yang bagus untuk kesehatan tubuh.

 

  1.   Menjaga kesehatan jantung

Terkenal sebagai superfoot yang kaya manfaat dan nutrisi, spirulina dapat menjaga kesehatan jantung, lho. Selain itu, spirulina juga bermanfaat dalam menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol jahat (LDL), serta mingkatkan koleterol baik (HDL) dalam tubuh. Berkat efek inilah spirulina baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung.

 

  1.   Memperkuat sistem imun tubuh

Hasil riset mengatakan bahwa kandungan antioksidan, mineral dan vitamin dapat mendukung produksi dan kinerja sel darah putih serta membantu produksi antibodi, sehingga menciptakan sistem imun tubuh yang kuat dan mampu melawan virus, bakteri, dan penyakit lainnya.

 

  1.   Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Kandungan efek prebiotik dalam spirulina dapat mendukung kinerja dan meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam saluran pencernaan. Bukan hanya itu, sistem pencernaan pun dapat menyerap dan bekerja dengan lebih baik.

 

  1.   Meredakan alergi

Spirulina mengandung zat yang bersifat antiradang dan dipercaya mampu meredakan gejala alergi seperti kulit gatal, bentol, bersin, dan hisung tersumbat. Namun, efeksivitas spirulina sebagai obat pereda alergi masih perlu diteliti lebih lanjut, karena sebagian orang mungkin menderita alergi terhadap spirulina sehingga tidak cocok untuk mengkonsumsinya.

 

  1.   Menurunkan tekanan darah tinggi

Spirulina juga dianggap dapat meningkatkan produksi nutri oksida yang membuat pembuluh darah melebar dan rileks, sehingga menyebabkan tekanan darah menjadi stabil. Kandungan kalium dalam spirulina juga bermanfaat dalam memberikan mineral yang berperan dalam menurunkan dan menjaga tekanan darah tetap stabil.

 

(IN)