Kenali Arti Dari Gejala Tubuh Anda

Bahaya Tanda Penyakit Tertentu

20

Saat tubuh diserang penyakit, sering kali diawali dengan tanda-tanda yang disebut dengan gejala. Umumnya, tanda-tanda ini sering disepelekan karena dianggap gejala ringan dan tidak berbahaya. Padahal, gejala ringan pun dapat menjadi awalan dari penyakit yang lebih serius.

image: unsplash

Melansir dari Halodoc, inilah beberapa arti dari istilah yang berkaitan dengan gejala pada tubuh.

 

Kedutan Mata

Mata kedutan alias blefarospasme merupakan kondisi yang memicu pergerakan berulang pada kelopak mata bagian atas. Umumnya, gerakan muncul secara spontan dan terjadi tanpa diawali tanda tertentu. Kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa tubuh tengah kelelahan, misalnya akibat kurang tidur atau kurang beristirahat. Selain itu, mata sering berkedut juga bisa muncul akibat stres atau perasaan tertekan.

 

Keringat Dingin

Keringat dingin adalah kondisi dimana tubuh mengeluarkan cairan keringat meski udara disekitarnya sejuk. Kondisi ini biasanya terjadi ketika Anda merasa stress. Namun, jangan disepelekan Scarflover. Karena keringat dingin bisa menjadi tanda-tanda dari penyakit bahaya, seperti vertigo, hipotensi hingga infeksi dan sepsis.

 

Migrain

Migrain merupakan jenis sakit kepala yang terasa seperti berdenyut, dan umumnya hanya terjadi pada satu sisi kepala. Migrain termasuk penyakit saraf yang bisa memicu sederetan gejala seperti mual, muntah, dan terasa sensitif terhadap suara atau cahaya. Hingga kini, belum diketahui dengan pasti apa yang menyebabkan seseorang terserang migrain. Namun, pada banyak kondisi migrain yang terjadi, ditemukan bahwa ada penurunan kadar dari salah satu zat kimia dalam otak yang disebut serotonin.

 

Hipertensi

Hipertensi adalah istilah medis dari p Besarnya tekanan ini bergantung pada resistensi pembuluh darah dan seberapa keras jantung bekerja. Semakin banyak darah yang dipompa oleh jantung dan semakin sempit pembuluh darah arteri, maka tekanan darah akan semakin tinggi.penyakit tekanan darah tinggi. Kondisi ini dapat mengakibatkan berbagai komplikasi kesehatan yang membahayakan nyawa sekaligus meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung, stroke, bahkan kematian.

 

Mendengkur

Mendengkur atau sleep apnea merupakan gangguan tidur yang terjadi saat pernapasan seseorang terganggu dengan adanya periode henti napas secara berulang pada saat tidur. Kondisi ini menyebabkan otak dan bagian tubuh lain tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Tidak main-main, gangguan ini bahkan bisa menyebabkan kematian pada saat tidur.

 

(NAR)