Kaya Antioksidan, Berikut Manfaat Blueberry Untuk Kecantikan!

Manfaat Blueberry Bagi Kecantikan

27

Siapa yang tidak mengenal jenis buah berry satu ini?. Blueberry merupakan buah berukuran kecil dan berwarna biru gelap yang sering menjadi bahan pelengkap dalam sajian salad buah, cake, ice cream, maupun semangkuk smoothies. Rasanya yang manis dan menyegarkan, membuat buah satu ini menjadi favorit semua kalangan, baik orang dewasa maupun anak-anak.

photo by unsplash

Tak hanya lezat dikonsumsi, buah satu ini ternyata juga mengandung banyak kebaikan untuk tubuh lho! Blueberry mengandung sejumlah nutrisi seperti vitamin A, vitamin K, vitamin B6, mangan, tembaga, zat besi, kalium, serta zinc, yang sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi dan menjaga tubuh dari berbagai gangguan penyakit. Selain itu kandungan blueberry diketahui juga sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Penasaran apa saja? Yuk disimak!.

 

 

  • Mencegah penuaan dini

 

Kandungan antioksidan di dalam buah blueberry dapat membantu melawan radikal bebas yang merusak sel. Untuk itu blueberry sangat bagus dikonsumsi orang dewasa dan orangtua, sebab semakin bertambahnya usia, maka kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas yang masuk di dalamnya semakin menurun. hal ini lah yang akhirnya membuat sel-sel kulit akan menunjukkan tanda-tanda penuaan dini. Seperti kerutan, flek hitam, dan terlihat kusam.

 

 

  • Meningkatkan kolagen

 

Blueberry dapat mendukung produksi kolagen yang lebih baik. Beberapa studi menyebut senyawa anthocyanin dari blueberry mampu mengurangi kerusakan kolagen dan meningkatkan produsen kolagen. Tak hanya itu, satu cangkir blueberry atau sekitar 148 gram mengandung vitamin C yang cukup untuk produksi kolagen. Dengan begitu kulit akan terasa lebih kenyal dan sehat dengan kolagen yang dihasilkannya.

 

 

  • Mengurangi peradangan jerawat

 

Manfaat ini didapat dari kandungan serat yang baik sekaligus sumber karbohidrat rendah glikemik. Kandungan tersebut mampu mengurangi peradangan yang berhubungan dengan jerawat. Meski  belum ada studi yang meneliti langsung kaitan antara kandungan blueberry dengan jerawat, antioksidan tinggi dan serat dalam blueberry dipercaya mampu mengurangi pembengkakan akibat jerawat.

 

 

  • Mempercepat penyembuhan luka

 

Jika Anda memiliki luka pada kulit, ternyata blueberry bisa membantu mempercepat penyembuhannya. Manfaat ini didapat melalui kandungan vitamin C dan vitamin K yang sangat baik untuk membantu penyembuhan luka biasa.  Selain itu, tingginya antioksidan pada blueberry akan menangkal radikal  bebas ketika kulit Anda mengalami kerusakan.

 

 

  • Memberi nutrisi pada kulit

 

Kulit Anda yang sering terpapar sinar UV, polusi, dan asap rokok butuh oksigen dan nutrisi untuk memperbaikinya. Konsumsi blueberry sebanyak satu cangkir atau sekitar 148 gram per hari, dipercaya mampu membantu tubuh untuk mengirim nutrisi dan oksigen ke kulit semakin baik. Pergantian sel yang cepat dan efesien akan membuat kulit Anda sehat dan tampak awet muda.

(CD)