Kasus Covid-19 Melonjak, Negara Ini Larang Penerbangan Dari Indonesia

WNI Dilarang Ke Negara-Negara Berikut!

16

Lonjakan kasus positif Covid-19 di Indonesia naik drastis hingga detik ini. Tercata per Jum’at (16/7/21), Indonesia telat tercatat 5.363 tambahan kasus positif harian. Total jumlah kasus yang positif saat ini menjadi 107.297 orang.

image: unsplash

Lonjakan ini mengakibatkan beberapa negara di belahan dunia menutup penerbangan dari Indonesia. Faktor lainnya, karena virus corona varian delta masih menyebar luas di tanah air.

Beberapa negara yang menutup penerbangan ke Indonesia, diantaranya:

 

Arab Saudi
Sudah 2 tahun ibadah haji bagi jama’ah dari Indonesia tidak bisa dilakukan. Salah satu penyebabnya karena Indonesia masuk dalam daftar negara yang tidak diperbolehkan berkujung ke Arab tepatnya pada 3 Februari lalu. Melansir dari Arabnews.com, ada 20 negara yang diblokir Arab, diantaranya Amerika Serikat, Prancis, India, hingga mesir.

 

Hongkong
Melansir dari straitstimes.com, Hongkong telah memblokir penerbangan dari Indonesia sejak Jumat 25 Juni 2021. Negara lain seperti India, Nepal, Pakistan hingga Flipina masuk ke dalam list dilarang berkunjung ke negara ini.

 

Filipina
Juru bicara presiden Filiphina, Harry Roque mengumumkan bahwa per Rabu, 14 juli, Indonesia masuk ke dalam list negara yang dilarang untuk berkunjung ke Philipina karena adanya virus corona varian Delta. Larangan ini berlaku hingga 31 Juli. Negara lain yang masuk ke dalam list negara ini, diantaranya Nepal, Pakistan, India, Banglades, Sri Lanka, Oman dan Arab.

 

Jepang
Melansir dari japan.travel.com, Indonesia menjadi salah satu negara yang dilarang untuk memasuki Jepang. Langkah ini telah diambil jauh-jauh hari oleh Jepang, yaitu pada 14 Januari guna memutus rantai penyebaran Covid-19. Meskipun ada banyak negara telat diblokir Jepang, negara ini tetap memberlakukan peraturan dan ketentuan yang diperlukan untuk melakukan penerbangan.

 

Britania Raya
Britania Raya adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri dari Pulau Britania Raya, bagian timur laut Pulau Irlandia dan sejumlah pulau-pulau yang lebih kecil. Britania Raya memiliki sejumlah negara yang diblokir untuk berkunjung, termasuk di dalamnya Indonesia. Namun, larangan ini berlaku hingga Senin, 19 Juli mendatang. Setelah melewati waktu yang ditentukan, Indonesia diperbolehkan berkunjung namun dengan berbagai protokol kesehatan yang ketat.

(NAR)