Jangan Salah, Ternyata Ini Bedanya Nasi Mandhi, Biryani, Kabsah, dan Kebuli!

Perbedaan Nasi dari Negara Arab Saudi

105

Saat Anda berkunjung ke restoran Timur Tengah, umumnya Anda akan ditawari beberapa jenis nasi Arab yang berbeda, seperti nasi mandhi, nasi kebuli dan nasi biryani. Untuk orang yang baru mendengar ketiga istilah itu ataupun baru mendengar salah satunya biasanya akan bertanya-tanya kepada pramusaji apa perbedaan ketiganya.

Dilansir dari cairofood.id, ternyata perbedaan nasi mandhi, nasi kebuli dan biryani cukup banyak lho Scarflover. Mulai dari rasa, cara pengolahan, dan warna. Namun nasi Arab yang beragam ini memang memiliki ciri khas nya tersendiri, yakni rempah yang digunakannya berlimpah dan penggunaan beras basmati (long premium). Nah, supaya gak bingung lagi berikut akan dijelaskan perbedaan nasi Arab antara nasi mandhi, kebuli dan biryani. Yuk disimak!

 

  1. Nasi Mandhi
image : instagram/@bossfood_

Nasi Mandhi adalah sajian yang berasal dari Yaman, dan sangat terkenal di beberapa negara Arab lainnya seperti Mesir, Maroko, Oman, Syria, Turki dan tentunya Arab Saudi. Nasi mandhi memiliki aroma rempah-rempah yang kuat karena terdiri dari kapulaga, jintan putih, ketumbar, serbuk kunyit, bunga lawang dan lain-lain. Untuk rasa dari nasi Arab satu ini didominasi oleh rasa gurih. Aroma smokey yang sangat terasa juga menjadi ciri khas pada hidangan satu ini, karena adanya teknik tanur dengan dimasak di sebuah oven logam. Nasi mandhi juga ditaburi kismis atau potongan kurma yang menambah cita rasa hidangan ini, serta biasa dimakan dengan daging kambing.

 

  1. Nasi Biryani
image : instagram/@graphics_ud

Biryani adalah hidangan yang berasal dari Asia Selatan (India dan Pakistan). Kata biryani sendiri berarti goreng atau panggang dalam bahasa persia.  Nasi biryani memiliki rasa yang jauh lebih gurih dan aroma rempah lebih tajam jika dibandingkan dengan nasi mandhi. Rempah-rempah yang digunakan pun ada yang berbeda, yaitu menggunakan kacang-kacangan, salam koja, ketumbar, daun mint, jahe, bawang bombay, dan lainnya. Nasi briyani asli akan mencampurkan safron pada bumbu kaldunya. Selain itu, pada nasi briyani terdapat bumbu yang penting, yaitu garam masala. Sama seperti nasi mandhi, nasi biryani juga biasa disajikan dengan daging kambing.

 

  1. Nasi Kabsah
image : instagram.com/@nasi_arab_zaid

Hampir mirip dengan nasi mandhi, nasi kabsah memiliki perbedaan pada rempah-rempah yang digunakan untuk memasaknya. Nasi Kabsah di Yordania berwarna kemerahan dan asam manis dari tomat. Salah satu ciri khas bumbunya menggunakan tomat dan sedikit cabai, sehingga cita rasanya asam gurih, dan tidak ada rasa pedas sama sekali. Hidangan nasi ini dipadukan dengan lauk kambing atau ayam yang dimasak dengan cara direbus, dengan bumbu tomat dan rempah Timur Tengah. Pada umumnya, Nasi Kabsah dikonsumsi dengan syurba (sup) dan salata (salad).

 

  1. Nasi Kebuli
image : instagram/@hestri.susilowati

Nasi kebuli merupakan hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia. Nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan dengan daging kambing goreng dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis bahkan kacang mete. Nasi kebuli awalnya lebih dikenal diantara masyarakat Betawi saja dan sering dikatakan mirip dengan nasi briyani, salah satunya karena memang terpengaruh dari budaya Arab Timur Tengah.

(CD)