Inilah Permainan Agar Anak Tetap Ingin Belajar

Mengajarkan Anak Belajar

35

Anak-anak umumnya lebih senang bermain dari pada belajar. Jika dibiasakan, mereka akan menjadi malas dan cenderung tidak fokus saat belajar, Scarflover. Cara terbaik untuk mengatasi kebosanan anak saat belajar adalah dengan dibarengi aktifitas yang paling mereka sukai, yaitu bermain.

Apakah bisa belajar sambil bermain? Tentu saja bisa, Scarflover. Melansir dari goodhousekeeping.com, ada beberapa permainan yang dapat membantu si kecil belajar. Apa saja permainannya? Yuk, intip!.

 

  • Engklek ABC

 

image : budgyandbuddy.com

Ada banyak cara mengajarkan anak mengingat huruf alfabet, salah satunya dengan bermain engklek ABC. Jika pada permainan engklek umumnya anak melompati pola kosong, Anda bisa menambahkan hurup alfabet di dalamnya. Si kecil tetap belajar, sambil bermain.

 

  • Game Matematika Pop Top
image : Croftsclassroom.com

Anda bisa memanfatkan beberapa tutup botol untuk permainan ini. Caranya sangat mudah. Tempelkan persamaan matematika di atas tutup botol sesuai dengan level belajar si kecil, dan tuliskan jawabannya di dalamnya. Jika si kecil menjawab dengan benar, tutup botol akan ditumpuk memanjang. Seru banget!

 

  • Game Mengingat Kata

Dengan memanfatkan kertas atau post it, Anda dapat mengajarkan anak berbagi hal seperti belajar kata dalam bahasa inggris, sinonim, antonym hingga definisi kata. Tulis kosa kata baru di satu kertas, dan jawabannya di kertas lainnya. Ajak anak Anda untuk menemukan pasangannya.

 

  • Teka-teki Stick
image : andnextcomesl.com

Banyak permaina bisa dimaikan dengan stick. Scarflover juga dapat menggunakannya untuk belajar, lho. Latih kemampuan membaca hingga menyusun kata dengan menuliskan kosa kata di atas stick berdasarkan kemampuan anak. Anda juga bisa mengganti kata dengan bahasa inggris untuk melatih kemampuan berbahasa anak.

 

  • Membentuk Marshmallow
image : teachbesideme.com

Belajar bangun ruang atau bangun datar akan lebih seru sambil bermain. Anda dapat menggunakan marshmallow mini dan tusuk gigi dan tusuk sate untuk membuat berbagai bentuk. Saat anak-anak sudah mulai terlain, mereka dapat beralih dari kreasi 2D ke 3D. Scarflover juga dapat menganti marshallow dengan streofoam.

 

(NAR)