Bolehkah Anda Tertidur dalam Keadaan Lapar?

Apakah Bisa Tidur dalam Keadaan Lapar

16

Scarflover Anda mungkin tidur dalam keadaan lapar karena beberapa alasan. Beberapa alasan, seperti manajemen berat badan, adalah pilihan Anda sendiri. Alasan lain, seperti kurangnya akses ke makanan, belum tentu menjadi pilihan Anda. Secara umum, menghentikan konsumsi makanan beberapa jam sebelum tidur umumnya dianggap sehat asalkan Anda mendapatkan nutrisi dan kalori yang cukup sepanjang hari.

Jika Anda lapar sebelum tidur dan khawatir tidak akan bisa tidur karena perut kosong, ada banyak makanan sehat yang bisa Anda makan di malam hari.

image: freepik

Apakah tidak apa-apa untuk pergi tidur dalam keadaan lapar?

Pergi tidur dalam keadaan lapar mungkin baik-baik saja jika Anda memenuhi kebutuhan nutrisi setiap hari atau mengikuti rencana penurunan berat badan yang sehat. Dalam banyak kasus, jadwal makan yang sehat dapat menyebabkan Anda merasa lapar sebelum tidur.

Apakah ada efek samping dari tidur dalam keadaan lapar?

Tidur dalam keadaan lapar mungkin membuat Anda merasa hampa atau tidak puas karena nafsu makan Anda belum terpuaskan. Tetapi mungkin lebih sehat untuk tidur dalam keadaan lapar dari pada makan terlalu dekat dengan waktu tidur.

Ada beberapa efek samping yang terkait dengan makan tepat sebelum tidur. Makan setelah makan malam atau larut malam dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan peningkatan indeks massa tubuh (BMI) .Anda juga mungkin mengalami gangguan pencernaan atau gangguan tidur jika Anda makan atau minum terlalu dekat dengan waktu tidur. Metabolisme Anda juga melambat saat tubuh Anda bersiap untuk tidur dan Anda biasanya tidak membutuhkan kalori tambahan.

Beberapa penelitian telah menyoroti risiko makan terlalu dekat dengan waktu tidur:

Melansir dari Healthline.com sebuah studi 2013 sumber Tepercaya menemukan bahwa makan dalam waktu 4 jam sebelum tidur dapat mengakibatkan makan lebih banyak kalori sepanjang hari. Pada studi 2014 sumber Tepercaya menemukan bahwa peningkatan asupan kalori dari makan di malam hari dan lebih dekat ke waktu tidur dapat mengakibatkan makan kalori ekstra dan menambah berat badan karena Anda akhirnya makan lebih banyak sepanjang hari. Dan pada studi 2017 sumber Tepercaya menemukan bahwa makan lebih dekat ketika tubuh Anda mulai memproduksi melatonin (yang terjadi beberapa jam sebelum tidur) dapat mengakibatkan peningkatan persentase lemak tubuh.

Makan larut malam juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah tidur.

(DT)