Benarkah Susu Beruang Bisa Obati Covid-19? Simak Dulu Penjelasan Praktisi Gizi Berikut!

Baru-baru ini viral di media sosial terkait sebuah video yang menampilkan warga yang berebut susu beruang di sebuah pusat perbelanjaan. Bahasan mengenai susu beruang tersebut bahkan sempat menjadi tranding topic dan kurang lebih videonya telah ditonton 493.000 kali, mendapat 3.164 retweet, serta disukai 11.100 akun Twitter.

Photo by Thais Do Rio on Unsplash

PPKM darurat yang dilakukan pemerintah rupanya menimbulkan panic buying yang dilakukan sejumlah orang. Tak tanggung-tanggung, setiap orang yang berebut susu merk Bear Brand itu membawa lebih dari satu pack. Panic buying yang dilakukan sejumlah orang tersebut disinyalir karena banyak masyarakat yang menganggap susu beruang memiliki khasiat untuk menangkal virus corona. Lalu benarkah susu beruang bisa menangkal Covid-19?

Baca juga  8 Bagian Hewan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi

Zubairi Djoerban, Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), telah merespon peristiwa panic buying susu beruang di kalangan masyarakat yang terjadi. Zubairi menuturkan bahwa minum susu beruang tak bisa mengobati Covid-19. Ia menjelaskan, kandungan susu beruang tidak bisa membunuh virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19. Artinya, minum susu beruang tak lantas akan membuat pasien Covid-19 sembuh.

Susu beruang untuk mengobati COVID-19, tentu saja tidak bisa. ‘Susu beruang’ tak bisa mematikan virus SARS-CoV-2 (virus Corona) penyebab COVID-19,” kata Prof Zubairi yang dikutip dari CNN Indonesia, Minggu (4/7/2021).

Menurut Prof Zubairi, tidak ada jenis susu yang memiliki kandungan yang lebih baik, sebab setiap produk susu yang dijual umumnya memiliki kandungan gizi yang sama, termasuk susu beruang. Produk susu apa pun biasanya kaya akan kandungan protein, karbohidrat, serta dilengkapi vitamin dan mineral, kecuali susu kental manis yang disebutnya memiliki kadar protein yang rendah.

Baca juga  Inilah Rekomendasi Gadget yang Cocok Untuk Anak Anda!

Sejalan dengan Prof Zubairi, Pengajar di Program Studi Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (UGM), Lily Arsanti Lestari mengatakan bahwa dalam minuman susu memang terkandung protein hingga mineral yang bermanfaat untuk kesehatan. Namun, bukan berarti masyarakat harus memilih satu produk susu tertentu untuk dikonsumsi. Artinya masyarakat bisa mengonsumsi produk susu lainnya. Tidak harus susu beruang saja.

(CD)

Translate »