Benarkah Minum Secangkir Kopi Dapat Menurunkan Resiko Penyakit Hati?

Apakah Kopi Dapat Menurunkan Penyakit?

232

Sebagian orang mengkonsumsi kopi dengan anggapan agar tubuh mereka dapat tetap terjaga dan terasa fit seharian. Tak jarang pula, banyak yang suka mengkonsumsi secangkir kopi saat sarapan. Ada fakta mencengangkan terkait minum kopi saat pagi hari yang baik bagi kesehatan yaitu dapat menurunkan resiko penyakit hati.

sumber : pexels.com

Belum lama ini, sebuah penelitian yang dimuat dalam Jurnal BMC Public Health menemukan bahwa peminum kopi memiliki 21% penurunan resiko penyakit hati dan resiko lebih rendah 49% dari kematian akibat dari penyakit hati kronis.

Ada pun konsumsi jumlah kopi yang dianjurkan sekitar empat cangkir sehari. Orang yang meminum kopi bubuk (hasil gilingan sendiri) dianggap lebih baik daripada mereka yang minum kopi instan.

Kopi dapat menurunkan resiko penyakit hati

Menurut para ahli, kopi bubuk mengandung kahweol and cafestol tingkat tinggi, dua bahan tersebut berperan sebagai pelindung untuk melawan penyakit hati. Jumlah kopi yang baik untuk dikonsumsi sekitar empat sampai lima cangkir sehari.

Peneliti juga mengatakan penggunaan kopi dianggap mudah digunakan dan terjangkau, serta berpotensi untuk membantu mengurangi resiko penyakit hati.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kopi terhubung dengan tingkat enzim hati yang lebih rendah. Persoalan tingkat enzim hati yang tinggi bisa menjadi peradangan atau kerusakan pada hati.

Kopi memiliki sifat anti-inflammatory atau anti-fibrotic sebagai dua jalur utama dan saling terkait untuk penyakit hati dan kanker hati. Namun, ada faktor lain yang juga berkontribusi dan masih perlu diidentifikasi kembali, misalnya dari proses pembuatan kopi seperti kondisi biji hingga cara penyajiannya.

Lalu, berapa banyak kopi yang baik dikonsumsi?

Untuk orang yang menderita gangguan lemak pada hati, merekomendasikan satu hingga dua cangkir kopi hitam berkafein per hari. Orang yang mengalami masalah gastrointestinal harus menyesuaikan asupan tergantung pada toleransi mereka terhadap kopi tersebut.

Selain itu, bagi orang yang memiliki penyakit jantung parah atau tekanan darah tinggi harus menghindari kopi berlebih jika tidak ingin memperburuk kondisi mereka.

Nah, itu tadi penjelasan lengkapnya terkait khasiat kopi yang dapat menurunkan resiko penyakit hati. Buat pecinta kopi, usahakan harus tau takaran dan toleransi tubuh saat ingin mengkonsumsinya ya.

(IN)