Apakah Meminum Air Pandan Dapat Menurunkan Risiko Kanker?

Sejak dulu daun pandan sering digunakan dalam bahan pembuatan makanan dan minuman karena memiliki aroma yang khas. Salah satu yang lagi tren adalah kopi pandan. Namun sayangnya, masih banyak yang tidak tahu kalau daun pandan juga memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan, Scarflover.

photo by Unsplash

Air rebusan dari daun pandan pun sering dibuang begitu saja. Padahal, menurut penelitian dari dr. Arina Heidyana, manfaatnya sangat luar biasa, lho. Beberapa manfaat dari air rebusan daun pandan, diantaranya:

 

  • Meredakan Demam

 

Jika Scarflover sedang demam namun bosan mengkonsumsi air jahe, air rebusan daun pandan juga dapat menjadi salah satu obat alternatif untuk menyembuhkan demam, lho. Metode ini dipercaya dapat membantu menormalkan suhu tubuh dan membuat tubuh Anda lebih relaks.

Baca juga  Alami Lonjakan Kasus, Sejumlah Bar di AS Tutup Kembali

 

 

  • Meredakan Sakit Rematik

 

Beberapa orang ada yang mengoleskan krim tertentu saat rematik kambuh. Bila Anda ingin coba yang alami, beberapa lembar daun pandan yang dimasukkan ke dalam rebusan minyak kelapa juga bisa dioleskan dibagian yang sakit. Jangan lupa didinginkan terlebih dulu, Scarflover.

 

 

  • Menurunkan Risiko Kanker

 

Dalam pengobatan tradisional, daun pandan dipakai untuk mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun, harus diimbangi dengan pola hidup sehat dan pengobatan dokter, Scarflover.

 

 

  • Menormalkan Tekanan Darah

 

Selain minum obat yang dianjurkan dokter, Anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun pandan untuk membantu memelihara kondisi tekanan darah.

Baca juga  Apa Itu Happy Hypoxia Syndrome dan Bagaimana Gejalanya?

 

 

  • Mengatasi Kram Perut

 

Kram perut terutama saat haid, mengganggu sekali, ya, Scarflover. Nah, ternyata air rebusan pandan yang diminum hangat dapat membantu kondisi perut menjadi lebih baik.

 

 

  • Mendetoksifikasi Tubuh

 

Kalau bicara soal detoks, tentu tak akan jauh-jauh dari makanan atau minuman mengandung antioksidan. Bila bosan dengan air lemon atau teh hijau, Anda bisa coba air rebusan daun pandan, Scarflover. Pasalnya, minum air rebusan pandan bisa melindungi organ-organ tubuh, terutama hati dari unsur-unsur perusak (radikal bebas).

 

Selain memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh kita, daun pandan merupakan tanaman tropis sehingga mudah ditemukan di Indonesia, lho!

 

(NAR)

Translate »