4 Tips Menata Rumah Agar Tetap Produktif Selama WFH

Home Living Journey supported by Cata Interiors

19

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai membuat suasana rumah tidak menentu karena aktivitas yang monoton, kali ini mau mengajak Scarflovers untuk menata rumah khususnya area kerja. 

Tahukah Anda, suasana ruangan yang berantakan, pencahayaan yang kurang baik, sirkulasi udara yang tidak segar, sampai dengan cara duduk yang salah merupakan penyebab utama Anda merasa kurang semangat dan kurang produktif selama bekerja dari rumah.

Supaya work from home tidak membuat Anda jenuh dan stres karena di rumah saja, yuk ikuti tips ini!

 

Tentukan tema meja kerja Anda

image: pinterest

Apakah Scarflover termasuk orang yang menyukai barang-barang bertema monochrome dengan nuansa elegan atau lebih menyukai menggunakan barang-barang handmade yang natural?

Apapun tema yang Scarflover sukai, pastikan gunakan warna-warna aksesoris meja yang senada karena akan menambah kesan rapi dan terorganisir. Dengan warna yang senada akan membuat fokus saat bekerja pun meningkat. Meja yang tertata rapi dengan aksesoris-aksesoris favorit Anda juga dapat meningkatkan mood dan juga membuat Anda lebih semangat loh!

 

Mini plants di meja kerja Anda

image: pinterest

Sesudah tema yang harus ditentukan, Anda bisa menambahkan tanaman indoor yang mudah dirawat seperti succulent, kaktus, sansevieria untuk diletakkan di meja kerja Anda. Tanaman tersebut dapat dijadikan sahabat saat Anda bekerja di meja kerja, loh. Disaat Anda sudah mulai merasa penat, berhentilah sejenak lalu hindari layar gadget dan alihkan diri ke teman hijau Anda. Merawat tanaman terbukti dapat meningkatkan relaksasi dan Anda akan merasa lebih baik setelahnya!

 

Pencahayaan yang baik untuk mata dan hati

image: pinterest

Suasana ruangan yang redup cenderung menciptakan suasana yang kurang bersemangat dan akan membuat Anda bermalas-malasan. Pastikan area kerja Anda mendapatkan pencahayaan natural ataupun artifisial yang baik. Jika ruangan kerja Anda memiliki jendela, arahkanlah meja di hadapan jendela atau tidak membelakangi tangan aktifmu. Hal ini dimaksudkan agar saat Anda menulis, bayangan tangan tidak jatuh ke atas kertas dan menghalangi pandangan. Apabila tidak memungkinkan untuk Anda mendapatkan cahaya alami, maka pilihlah lampu meja, ataupun lampu plafon yang terang. Pilihlah warna putih natural dengan temperatur warna 4000K untuk efek yang hangat namun tidak membuat mata lelah.

 

Perhatikan Ergonomika Ruang dan Furniture Anda

image: pinterest

Apakah Anda sering merasa lelah dan pegal-pegal selama WFH? Kemungkinan besar Anda tidak memiliki area kerja yang mendukung kegiatan kerja Anda. Coba periksa apakah meja dan bangku Anda sudah memiliki ukuran yang tepat? Dalam standar ergonomis orang Asia, permukaan meja kerja seharusnya memiliki tinggi 72-75cm dengan bangku yang memiliki tinggi 38-55cm dari lantai. Hal yang terpenting untuk diperhatikan adalah posisi siku sebaiknya rata dengan meja. Dengan begitu, Anda akan duduk dengan postur tegak dan nyaman duduk lama. Sediakanlah pijakan  apabila kakimu menggantung tidak menyentuh lantai. Berinvestasilah pada furniture yang menunjang produktifitas kerja Anda.

 

Nah, itulah beberapa tips  untuk menciptakan suasana kerja di rumah yang nyaman, produktif, dan tentunya sehat! Untuk ide lainya bisa cek di CATA INTERIORS.