Tidak Hanya Fun, Berikut 5 Manfaat Mengajak Anak Berkebun

Apakah Anda memiliki halaman di belakang atau di depan rumah?Jika iya, Anda bisa mengajak si kecil untuk mengisi waktu luang dengan berkebun dan merawat tanaman. Anak-anak yang biasanya gemar beraktivitas di luar rumah pasti akan senang dengan aktivitas ini.

Photo by Allan Mas from Pexels

Selain menjadi sarana yang baik untuk bonding, berkebun nyatanya juga dapat memberikan sejumlah manfaat untuk anak-anak loh. Yuk simak manfaat-manfaat lain yang bisa anak dapatkan dari aktivitas berkebun!

Menumbuhkan rasa cinta terhadap lingkungan

Berkebun menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan lingkungan pada anak. Berkebun dapat mengajarkan anak tentang bagaimana merawat dan menyayangi tanaman. Hal tersebut diharapkan dapat membuat anak belajar untuk lebih mencintai makhluk hidup.

 

Mengasah kemampuan sensorik dan motorik anak

Kebun dipenuhi oleh banyak hal yang dapat mengasah kemampuan sensorik dan motorik anak. Misalnya dengan berbagai macam warna yang ditemui di kebun, anak akan mempelajari banyak warna. Hal ini tentu akan memperkaya pengalaman visual anak. Tak hanya itu saat anak melakukan berbagai aktivitas seperti menggali tanah, menanam dan menyiram tanaman, secara tidak langsung hal tersebut akan mengasah kemampuan sensorik anak. Berkebun juga membutuhkan keseimbangan dan koordinasi otot yang baik. Sehingga kemampuan motorik anak juga akan terasah. 

Baca juga  Kesalahan Asuh Pada Anak Yang Bisa Berpengaruh Pada Kesehatan Mental Anak Yang Buruk

 

Mengajarkan tanggung jawab dan kesabaran

Berkebun bisa menjadi latihan yang baik untuk mengajarkan anak tentang tanggung jawab dan kesabaran. Saat berkebun anak dilatih untuk telaten merawat tanamannya dengan rutin menyiram, memberi pupuk, dan membersihkannya dari hama.  Pada akhirnya semua hal itu akan berkontribusi dalam perkembangan sikap tanggung jawab dan kesabaran yang dimiliki anak.

 

Mengurangi ketergantungan anak terhadap gadget

Di tengah kemajuan teknologi saat ini, anak seringkali lebih senang menghabiskan waktu dengan bermain gadget. Hal tersebut tentu membuat banyak orangtua khawatir. Selain berbahaya bagi kesehatan mata, kebiasaan bermain gadget dikhawatirkan akan membuat anak menjadi kurang aktif. Untuk itu, dengan mengajak anak berkebun diharapkan dapat membuat anak focus beberapa saat sehingga dapat melupakan gadget-nya. 

Baca juga  Cara Hidup Lebih Balance Ketika Menjadi Ibu Baru

 

Mendorong anak agar mau makan sayur

Ketika berkebun anak dapat melihat langsung proses tumbuhnya tanaman. Hal ini diharapkan dapat membuat anak belajar bahwa makanan yang ia makan membutuhkan proses panjang dan tenaga yang besar. Hal ini pada gilirannya dapat membuat anak menghargai makanan dan akan selalu terdorong untuk menghabiskan setiap hidangan yang ada untuknya. 

Itu dia beberapa manfaat yang bisa anak dapatkan dari berkebun. Bermanfaat sekali kan? Yuk, mulai sekarang ajak anak berkebun!.

 

(CD)

Translate »