Rawat Laptop Agar Tahan Lama Dengan Cara Ini!

Scarflover, di tengah sibuknya pekerjaan yang harus kita kerjakan, terkadang membuat laptop sebagai perangkat kerja kita lupa diperhatikan. 

image: pexels

Jika laptop Anda rusak, bagaimana Anda bisa bekerja seperti biasanya? Untuk itu, yuk ikuti tips berikut agar laptop tetap awet meski banyaknya pekerjaan yang harus dikerjakan di dalamnya.

Jangan jadikan bantal/kasur/karpet sebagai alas laptop

Mungkin ini adalah hal yang sering sekali kita abaikan, yakni memperhatikan alas laptop ketika sedang digunakan. Pasti Anda sering menganggap hal ini sepele, namun hal ini bisa saja membuat laptop menjadi tidak tahan lama untuk digunakan.

Untuk itu, usahakan jangan jadikan  bantal/lasur/karpet sebagai alas laptop. Karena, panasnya laptop akan mengendap dan menyebabkan angin pada laptop tidak berputar dengan semestinya. Anda bisa mencari alas diatas meja atau buku yang lebar demi menjaga ketahanan laptop.

 

Jangan lupa matikan laptop

Saat mengerjakan banyak pekerjaan, tidak jarang Anda tidak mematikan laptop saat beristirahat sebentar agar dapat dengan mudah membukanya lagi nanti. Namun, Anda harus tahu bahwa hal ini dapat membuat laptop tidak awet.

Baca juga  Yuk Bikin Rujak ala Bangkok, Segernya Pol!

Walaupun beristirahat sebentar, sebaiknya laptop jangan di sleep namun dimatikan saja. Karena saat memakai mode sleep, sistem pada laptop tidak benar-benar mati sehingga dapat membuat laptop cepat rusak.

 

Charge laptop sebelum mati total

Sering sekali dari kita, saking banyaknya pekerjaan hingga lupa memperhatikan batre laptop. Usahakan, jangan mencharger ketika batre laptop sudah habis betul, namun, chargerlah ketika pemberitahuan laptop sudah mulai ingin lowbat. Sekitar 20-25 persen sebelum batre laptop mati total. Selain itu, bila pekerjaan tidak terlalu mendesak jangan menggunakannya sambil di charger karena itu akan mempengaruhi sehat tidaknya batre laptop Anda.

 

Jangan tumpuk laptop dengan buku atau barang apapun diatasnya

Layar laptop menjadi sesuatu yang sangat sensitif. Untuk itu, jangan letakkan buku atau barang-barang berat diatasnya. Karena kemungkinan akan mempengaruhi layar yang tertekan didalamnya.

Baca juga  Berbagai Macam Cara Menikmati Alpukat

 

Bersihkan  laptop

Terlalu sering menggunakan laptop untuk hal apapun tentu membuat laptop menjadi lupa untuk diperhatikan, termasuk keberihannya. Baik kebersihan pada luar maupun dalam laptop. Sebaiknya, Anda rajin untuk membersihkan data atau mem-backup-nya pada perangkat lain serta memperhatikan kebersihan fisik laptop seperti debu yang menempel di keyboard.

 

Hati-hati ketika meletakkan laptop dalam tas

Bekerja menggunakan laptop tentu bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Hal ini memang terlihat laptop menjadi pilihan utama orang yang bekerja karena lebih praktis untuk dibawa-bawa. Namun, jangan lupa perhatikan tata letak dalam tas Anda, Scarf Lover. Usahakan laptop diberikan tas laptop sebelum dimasukkan dalam tas. Selain itu, jangan satukan barang-barang padat satu tas karena dapat merusak layar laptop yang sensitif.

 

Itu dia cara merawat laptop ditengah kesibukan bekerja. Perhatikan pemakaian dan penyimpanan laptop agar tetap awet dipakai bertahun-tahun!

(TS)

Translate »