Perasaan Insecure Mengganggu Anda? Kenali Tipe-Tipe Insecurity Berikut!

Pernahkah Anda mendengar istilah insecure? Pernahkah Anda merasakan takut dan gelisah yang memicu perasaan tidak aman dengan diri sendiri?

Insecurity dapat diartikan sebagai kondisi ketidaknyamanan atau ketidaknyamanan yang menimbulkan perasaan cemas serta ketakutan berlebih sehingga Anda merasa perlu berhati-hati saat melakukan sesuatu.

image: pexels

Sebenarnya merasakan perasaan cemas dan takut adalah hal yang wajar dan normal, khususnya dalam kehidupan sehari-hari. Namun, jika perasaan insecure dirasakan terus-menerus dan mengganggu kehidupan, hal ini bisa menjadi masalah yang harus Anda perhatikan terkait dengan kondisi kesehatan mental Anda.

Nah, dengan mengenal tipe-tipe insecurity diharapkan dapat membantu Anda mengelola diri lebih baik agar tidak terus-menerus merasa cemas dengan diri Anda atau lingkungan sekitar Anda. Lantas, apa saja sih tipe-tipe dari insecurity? Simak penjelasannya!

Dilansir dari harappa.education ada beberapa tipe insecurity yang biasanya sering muncul, diantaranya:

Job Insecurity

Job insecurity terjadi saat seseorang merasa cemas dalam pekerjaannya, seperti muncul pikiran apakah Anda bisa bertahan di dalam situasi yang penuh tekanan dalam pekerjaannya. Banyak faktor yang dapat menyebabkan job insecurity. Kondisi ekonomi secara umum adalah salah satu faktor besar. Misalnya, krisis keuangan dan resesi hebat membuat jutaan orang kehilangan pekerjaan. Faktor sosial seperti diskriminasi atau faktor pribadi seperti kurangnya pengalaman juga dapat menyebabkan job insecurity.  Jika situasi ini terjadi terus-menerus, kondisi ini dapat menyebabkan frustasi, kecemasan, dan keputusasaan.

Baca juga  Ketagihan Kentang Hash Brown ala MCD? Yuk Bikin Sendiri Aja Dirumah!

Body Image Insecurity

Banyak orang merasa insecure tentang tubuh atau penampilan mereka dan mempertanyakan apakah mereka telah memenuhi apa yang lingkungan sekitar inginkan. Hal ini dapat terjadi jika seseorang terlalu banyak melihat bagaimana media menunjukkan standar kecantikan yang tidak realistis. Komentar sinis dari orang lain juga bisa membuat sesorang merasa insecure dengan penampilannya. Hal terpenting dalam menghadapi insecure pada tubuh maupun penampilan adalah menenangkan komentar-komentar orang lain dan belajar menerima diri sendiri.

Social Insecurity/Anxiety

Social insecurity adalah tipe insecurity tentang bagaimana  perasaan Anda saat dipandang oleh orang lain dan bagaimana interaksinya dengan lingkungan sekitar.  Rasa takut dievaluasi orang lain dapat menyebabkan rasa cemas yang pada akhirnya membuat mereka menghindari situasi sosial. Jika Anda insecure secara sosial saat pergi keluar, luangkan waktu sejenak untuk memahami alasannya. Tidak ada aturan yang menyatakan bahwa setiap orang harus bersosialisasi. Tetapi jika kesempatan itu muncul dengan sendirinya, jangan biarkan ketakutan Anda membatasi Anda. Cobalah menghabiskan waktu dengan orang-orang yang membuat Anda merasa nyaman. Jika terus-menerus insecure jenis ini dapat berkembang menjadi gangguan kecemasan sosial atau fobia sosial.

Baca juga  Resep Salad Hijau Dengan Dill Vinaigrette

Emotional Insecurity

Merasa insecure secara emosional atau psikologis adalah perasaan yang dapat disebabkan oleh perasaan rendah diri yang mengancam citra diri seseorang. Banyak orang menganggap diri mereka rendah atau inferior dalam beberapa hal, tanpa tahu persis mengapa mereka berpikir seperti ini. Jika Anda pernah merasa insecure, gugup atau cemas, itu bisa menjadi tanda bahwa Anda merasa tidak aman secara emosional. Stigma sosial, intimidasi atau kehilangan citra pribadi adalah faktor yang dapat menyebabkan insecurity.

Financial Insecurity

Banyak orang menentukan kualitas diri berdasarkan pendapatan atau tabungan yang dimiliki. Terkadang Anda cenderung meremehkan diri sendiri karena Anda tidak sekaya teman atau anggota keluarga Anda. Tetapi penting untuk dipahami bahwa setiap orang memiliki standar berbeda untuk apa yang dianggap sebagai ‘cukup uang’. Bisa saja orang yang Anda bandingkan juga merasakan financial insecurity yang sama dengan Anda.

(CD)

Translate »