Panduan Cara Memijat Bayi yang Benar

Bayi memiliki tubuh yang rentan terhadap rasa sakit. Setiap pergerakan yang dilakukannya akan menguras energi dalam tubuh. Beberapa orang tua tentunya khawatir bila bayi cepat merasa lelah dan capek.

Untuk itu, orang tua bisa berikan pijatan sederhana pada bayi untuk melemaskan otot yang tegang sehabis melakukan aktivitas yang menguras energi mereka. Berikut cara memijat bayi yang bisa Scarflover coba lakukan di rumah, simak ulasannya di bawah ini.

image: pexels

Berikan suasana nyaman untuk bayi

Saat akan melakukan pijat bayi, pastikan agar Anda dan bayi Anda berada di tempat yang nyaman. Lalu siapkan handuk di bawah punggung bayi, Anda juga bisa baringkan bayi di atas kasur atau meja. Selalu awasi pergerakan bayi dan pastikan mereka tidak rewel saat akan melakukan pijat.

Baca juga  Cara Orang Tua Cegah Anak Jadi Pelaku Kekerasan

 

Mulai dengan perlahan

Sebelum memulai pijatan, balurkan baby oil secukupnya di tubuh bayi. Selanjutnya, Anda bisa memulai pijatan sederhana dengan menyentuh badan mereka secara perlahan, mulai dari kepala, leher, dada, dan sampai bagian bawah kaki. Anda juga bisa pijat bagian belangkang bayi seperti leher dan punggung.

image: pexels

Ulangi lagi pijatan pada bayi

Jika Anda merasa bahwa bayi terlihat menikmati pijatan tersebut, Anda bisa ulangi lagi dari awal memijat mulai dari kepala sampai bawah kaki, lakukan dengan lembut dan perlahan ya.

 

Ajak bayi berbicara

Saat sedang melakukan pijatan, Anda bisa terus berbicara. Ajak bayi berbicara seperti menyebut nama mereka, atau ucapkan relax untuk membuat mereka tetap tenang. Anda juga bisa menyanyikan lagu kesukaan mereka, dan lakukan pijatan sesuai dengan irama lagu yang dinyanyikan.

Baca juga  Tips Memilih Sekolah untuk Anak

 

Pemberian minyak itu opsional

Jika bayi Anda memiliki semacam alergi kulit pada bahan tertentu, sebaiknya hindari pemakaian minyak saat akan memijat. Tanpa menggunakan minyak pun Anda tetap bisa melakukan pijatan pada bayi. Namun, disarankan agar tidak menekan kulit bayi terlalu kencang atau keras karena dapat menyebabkan ruam merah di kulit mereka.

 

Itu lah panduan dalam melakukan pijat bayi yang benar, semoga bermanfaat ya Scarflover!

(IN)

Translate »