Minum Air Kemasan Kadaluarsa, Apakah Berbahaya? 

Air minum merupakan kebutuhan yang vital bagi manusia. Tidak ada manusia yang dapat hidup dalam jangka waktu panjang tanpa mengkonsumsi air. Terlebih jika Anda sering berolahraga, pasti setelahnya akan muncul rasa haus yang tak tertahan. Hingga tanpa berpikir panjang Anda akan meneguk sebotol air untuk menghilangkan rasa dahaga. Tapi, pernahkah Scarflover melihat tanggal kadaluarsa dalam air minum kemasan? Bagaimana kalau ternyata Anda meminum air kemasan yang ternyata sudah kadaluarsa, apakah berbahaya?.

Image by Hans Braxmeier from Pixabay

Faktanya, air sebenarnya tidak mengenal kadaluarsa. Air merupakan senyawa kimia, sama seperti oksigen dan besi, yang secara alami terdapat di alam. Oleh karena itu, mereka tidak bisa kedaluwarsa dan dapat bertahan selamanya dalam wadah alaminya. Semntara itu, minuman yang mengandung gula atau garamlah yang bisa berbahaya bila masih dikonsumsi jika tanggal kadaluwarsanya sudah habis.

Baca juga  Buah Yang Baik Dikonsumsi Untuk Menurunkan Berat Badan

Lalu untuk apa tanggal kadaluarsa?

Dilansir dari laman kominfo.go.id, adapun tanggal kadaluarsa pada kemasan air mineral adalah untuk botol/kemasan air mineral tersebut. Botol plastik yang digunakan untuk mewadahi air mineral terbuat dari Polyethylene Terephthalate (PETE/PET) yang akan mengalami penurunan kualitas dalam setidaknya 2 tahun. Oleh karena itu biasanya tanggal kadaluarsa pada air mineral ditetapkan dua tahun setelah hari produksinya. Di Indonesia sendiri pencantuman tanggal kedaluwarsa pun ada dalam peraturan. Ini merujuk pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 69 Tahun 1999 tentang Label Iklan dan Pangan.

Baca juga  Kenali Jenis Air Mata Anda dan Manfaatnya!

Nah, meski air putih yang ada di dalam botol tidak mengalami kerusakan, namun setelah dua tahun, botol air mineral menjadi sangat rentan terhadap bau-bauan yang berpengaruh pada kesegarannnya.

Dilansir dari beberapa sumber, mengonsumsi air mineral yang sudah kadaluwarsa ternyata memang tidak berbahaya, hanya saja umumnya rasa air akan sedikit berubah dan tidak terlalu segar. Kendati demikian, tak ada ruginya juga jika Anda menghindari air mineral yang sudah kadaluarsa, agar Anda dan keluarga tetap merasa aman untuk mengonsumsinya.

Itu dia informasinya, semoga bermanfaat untuk Anda ya Scarflover!

(CD)

Translate »