Manfaat Mengonsumsi Teh Serai Untuk Kesehatan

Berguna Untuk Pencernaan Hingga Mengurangi Risiko Kanker!

91

Serai sering digunakan sebagai obat tradisional karena dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, menghilangkan rasa sakit, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satu cara paling populer untuk menikmati serai adalah dalam teh

image: unsplash

Melansir dari Healthline.com, mengonsumsi teh serai dapat membantu memberikan manfaat kesehatan potensial. Yuk, disimak!

1. Memiliki sifat antioksidan

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry, serai mengandung beberapa antioksidan, yang dapat membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh Anda yang dapat menyebabkan penyakit. Antioksidan yang perlu diperhatikan adalah asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonica. Antioksidan ini dapat membantu mencegah disfungsi sel di dalam arteri koroner Anda.

 

2. Memiliki sifat antimikroba

Teh serai dapat membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang, berkat sifat antimikrobanya. Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh National Institutes of Health, minyak esensial serai menunjukkan kemampuan antimikroba melawan bakteri Streptococcus mutans, bakteri yang menyebabkan kerusakan pada gigi.

Penelitian lebih lanjut menemukan minyak serai dan ion perak dapat bekerja sama melawan beberapa jenis bakteri dan jamur. 

 

3. Memiliki sifat anti-inflamasi

Peradangan dianggap berperan dalam banyak kondisi, termasuk penyakit jantung dan stroke. Menurut Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering, dua senyawa utama dalam serai, citral dan geranial, bermanfaat sebagai anti-inflamasinya.

Senyawa ini dikatakan membantu menghentikan pelepasan penanda penyebab peradangan tertentu di tubuh Anda.

 

4. Dapat mengurangi risiko kanker 

Citral dalam serai juga dianggap memiliki kemampuan antikanker yang kuat terhadap beberapa lini sel kanker, yang dapat mematikan sel secara langsung atau meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh Anda lebih mampu melawan kanker sendiri.

Teh serai seringkali digunakan sebagai terapi tambahan selama kemoterapi dan radiasi. Perlu diperhatikan, ini hanya boleh digunakan di bawah bimbingan ahli onkologi, ya, Scarflover.

 

5. Ini dapat membantu meningkatkan pencernaan yang sehat

Secangkir teh serai adalah obat alternatif untuk sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya. Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa minyak esensial dari daun serai dapat membantu melindungi lapisan perut dari kerusakan akibat aspirin dan etanol. Penggunaan aspirin secara teratur adalah penyebab umum tukak lambung.

(NAR)